DetikNews
Selasa 05 September 2017, 12:45 WIB

Kejaksaan Siap Ambil Alih Fungsi Penuntutan Jika UU KPK Direvisi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kejaksaan Siap Ambil Alih Fungsi Penuntutan Jika UU KPK Direvisi Jaksa Agung Muda Intelijen Adi Toegarisman rapat bersama Komisi III PRD (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - DPR rencananya akan merevisi Undang-Undang KPK dengan menghilangkan salah satu kewenangan KPK, yakni penuntutan. Jika wacana itu jadi, penuntutan itu sepenuhnya akan ada di tangan Kejaksaan Agung. Kejaksaan Agung pun siap jika UU KPK direvisi.

"Kalau itu dituangkan di undang-undang, namanya Undang-Undang kami wajib melaksanakan. Paham artinya kan?" ujar Jaksa Agung Muda Intelijen Adi Toegarisman di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2017).



Adi menegaskan kejaksaan memang dibentuk dan diberi tugas, salah satunya melakukan penuntutan. Seandainya UU KPK direvisi dan penuntutan suatu kasus tindak pidana korupsi (tipikor) sepenuhnya diserahkan ke kejaksaan, Adi menegaskan pihaknya siap melaksanakan tanggung jawab itu.

"Kejaksaan adalah lembaga pemerintahan yang diberi tugas untuk melakukan penuntutan. Ketika dalam undang-undang disebut kewenangan itu, kita wajib melaksanakan undang-undang itu. Bukan siap tidak siap," tegas Adi.



Soal revisi UU KPK memang belakangan mencuat kembali seiring kinerja Pansus Hak Angket KPK. Kabarnya, revisi UU KPK akan menjadi rekomendasi kerja Pansus Angket yang akan dibawa ke rapat paripurna.
(gbr/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed