DetikNews
Selasa 05 September 2017, 00:27 WIB

KPK Siap Hadapi Patrialis Bila Ajukan Banding

Nur Indah Fatmawati - detikNews
KPK Siap Hadapi Patrialis Bila Ajukan Banding Patrialis Akbar (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Mantan hakim konstitusi Patrialis Akbar membandingkan vonis 8 tahun penjara terhadapnya dengan terpidana lain yang mengkorupsi uang rakyat hingga ratusan miliar rupiah. KPK menyatakan siap menghadapi banding Patrialis bila keberatan atas putusan hakim.

"Saya kira putusan sudah dijatuhkan hakim. Sikap KPK tentu dilihat dari tuntutan yang kita ajukan. Kalau ada terdakwa yang setelah divonis bersalah atau hukumannya dengan jangka waktu tertentu, kalau keberatan tentu bisa mengajukan upaya hukum lain seperti banding. Kami akan hadapi hal tersebut," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (4/9/2017).



Patrialis divonis 8 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 3 bulan. USD 10 ribu disebutkan hakim untuk biaya umrah, sedangkan Rp 4 juta untuk pembayaran bermain golf Patrialis. Namun Patrialis menegaskan tidak memakan uang rakyat.

"Anda bayangkan orang-orang yang makan uang negara yang telah mengembalikan uang negara puluhan miliar, bahkan ada juga yang ratusan miliar, berapa hukumannya?" ujar Patrialis seusai sidang putusan di Pengadilan Tipikor.

"Coba Anda komparasi sendiri secara akal sehat, bagaimana dengan saya yang tidak makan uang negara dan itu pun dalam perbedaan pandangan antara saya dan hakim," imbuhnya.

Dalam pleidoinya, Patrialis mengatakan USD 10 ribu merupakan pembayaran utang Kamaludin. Namun, dalam fakta persidangan, hakim tak menemukan bukti adanya utang dari Kamaludin kepada Patrialis.
(nif/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed