DetikNews
Sabtu 02 September 2017, 17:53 WIB

Cerita Kusir Sidik, Sedih Tahu Ada Kuda Dicambuk Meski Kelelahan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Cerita Kusir Sidik, Sedih Tahu Ada Kuda Dicambuk Meski Kelelahan Sidik dan kudanya. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Sebagai sesama kusir delman, Sidik menyayangkan adanya video viral kuda delman yang tetap dicambuk meski kelelahan hingga terjatuh. Seharusnya kuda yang sudah lelah lebih baik dibawa pulang ke kandangnya.



"Itu mah tega, orang itu harusnya diistirahatkan (kuda, -red)," kata Sidik di Kandang Kuda, Jalan Raya Bogor, Mekarsari, Depok, Jawa Barat, Sabtu (2/8/2017).

Sidik yang sehari-hari menarik delman di seputaran Mekarsari hingga Cimanggis, Depok itu juga pernah mengalami kejadian kudanya lelah saat menarik. Kelelahan tersebut bisa diakibatkan karena cuaca yang panas dan dia langsung bawa pulang.

"Kalau sudah gitu kita langsung bawa pulang ke kandang lagi," kata Sidik.

Saat disinggung soal kebiasaan kuda yang dicambuk ketika narik, menurutnya itu tergantung kepada kuda itu sendiri. Namun, dia menegaskan jika memang sudah lelah janganlah kuda dipaksa menarik delman lagi.

"Kalau nggak kuat kudanya ya baliklah ngapain dipaksa diri di jalanan. Ngapain kasian, kuda kan barang bernafas juga," ujar dia.

Sebelumnya, Video berdurasi sekitar 1 menit itu memperlihatkan seekor kuda yang menarik delman di jalan yang sempit. Dia terkapar di jalan karena kelelahan.

Meski demikian, seorang pria tetap menarik dan mencambuk kuda tersebut berkali-kali. Pria lain yang tidak terlihat di kamera memperingatkan bahwa kuda itu sudah lelah.

"Tahan dulu, tahan dulu. Ngedrop dia," ucap pria itu.

Peringatan tersebut tak dihiraukan. Ada pula yang ingin memberi minum ke kuda itu namun dilarang. Sekelompok pria lain lalu tetap menarik si kuda hingga berdiri. Peristiwa ini disebut terjadi di Depok.
(ibh/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed