Anggota DPR Akbar Faizal Akan Laporkan Elza Syarief ke Polisi

Rina Atriana - detikNews
Minggu, 27 Agu 2017 19:32 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Jakarta - Anggota DPR dari Fraksi NasDem Akbar Faizal akan melaporkan pengacara Elza Syarief ke Bareskrim Polri. Niat pelaporan itu terkait dengan BAP Elza Syarief yang diungkap di sidang politikus Hanura Miryam S Haryani.

Jaksa pada KPK di sidang 21 Agustus lalu mengungkap BAP Elza yang berisi keterangan bahwa ada sejumlah anggota DPR yang menekan Miryam. Salah satu yang disebut adalah Akbar Faizal.


Akbar menepis keterangan itu. Dia bahkan melayangkan somasi kepada Elza, namun tak ditanggapi. Akbar lalu berencana melaporkan Elza ke Bareskrim Polri pada Senin (28/8) besok.

"Senin besok tanggal 28 Agustus 2017 pukul 10.00 WIB saya akan melaporkan Saudari Elza Syarief ke Bareskrim Mabes Polri di Gambir perihal 'Pemberian Kesaksian Palsu dan Pencemaran Nama Baik'. Langkah hukum ini saya ambil setelah somasi yang saya layangkan kepada yang bersangkutan pada tanggal 22 Agustus 2017 tidak mendapat respons," kata Akbar dalam pernyataan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (27/8/2017).

Elza dan Miryam bertemu di sidang.Elza dan Miryam bertemu di sidang. Foto: Agung Pambudhy

Elza yang dikonfirmasi soal niat Akbar menanggapi dingin. "Biarin aja, saya saksi yang memberikan keterangan di bawah sumpah dan tidak bisa saya tarik walaupun diancam oleh siapapun juga," ujar Elza menanggapi.

BAP Elza itu sebelumnya dibacakan dalam sidang dengan terdakwa Miryam pada Senin (21/8) lalu. Jaksa membacakan BAP Elza yang juga dihadirkan sebagai saksi. Lalu hakim mengonfirmasi BAP itu kepada Elza.

"Saya bacakan BAP Ibu Elza, bahwa yang menekan Miryam untuk mencabut BAP yaitu Setya Novanto, Akbar Faizal, Jamal Aziz, dan Chairuman Harahap, apakah itu benar Bu?" tanya anggota hakim Anshori pada Elza dalam sidang kemarin.

"Saya ragu-ragu, Yang Mulia soal itu. Saya revisi keterangan itu, bahwa tidak ada penekanan, tapi merasa tertekan," jawab Elza saat itu.


Elza mengatakan ada 2 nama yang disebut oleh Miryam. Nama tersebut adalah Akbar Faizal dan Djamal Aziz.

"Yang sempat marah Akbar Faizal dan Djamal Aziz. Miryam mengatakan, dia tidak pernah terima uang dari Markus Nari, tapi dia terima dari Akbar Faizal yang didampingi Djamal Aziz," kata Elza. (tor/tor)