DetikNews
Rabu 23 Agustus 2017, 23:01 WIB

Laporan Dari Mekah

Kala Menag Disangka Dokter Puskesmas dan Ustaz oleh Jemaah Lansia

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews
Kala Menag Disangka Dokter Puskesmas dan Ustaz oleh Jemaah Lansia Foto: Menag Lukman Hakim sambangi jemaah. (Triono S/detikcom)
Mekah - Tak seperti jemaah lain, Muarif (69) yang berasal dari Jember terlihat santai saat Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyambangi kamar hotelnya. Ia mengira Menag adalah dokter puskesmas yang pernah ceramah di daerahnya.

Hari ini, Rabu (23/8/2017), Menag Lukman didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar Ali, Direktur Bina Haji Khoirizi HD, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Kabiro Humas Mastuki, dan Kadaker Mekah Nasrullah Jasam, menyambangi sejumlah hotel tempat jemaah haji Indonesia menginap. Salah satunya hotel yang ditempati Muarif dan jemaah asal Jember yang berjarak kurang lebih 1 kilometer dari Masjidil Haram. Saat Lukman datang, beberapa jemaah lansia duduk melantai di lorong hotel.

"Dari mana Pak? Bagaimana hotelnya? Makanannya?" sapa Lukman.


"Dari Jember. Baik, semua baik," jawab Muarif yang mengenakan kaos dalam. Raut mukanya penuh tanya.

"Loh Pak Dokter ya? Pernah ceramah di puskesmas?" kata Muarif dengan logat Madura.

Lukman tersenyum sambil mengatakan dirinya bukan kiai. Dia melongok ke kamar Muarif. Di sisi lain di lorong hotel, sejumlah jemaah heboh setelah tahu Menag dan rombongan datang. Teriakan minta foto bersama berulang kali terdengar.

Dalam setiap kunjungan ke beberapa hotel, Menag dan rombongan disambut meriah. Apalagi bagi jemaah yang baru pertama kali bertemu pejabat setingkat menteri. Mereka memanfaatkan kegiatan itu untuk foto-foto.

Kala Menag Disangka Dokter Puskesmas dan Ustaz oleh Jemaah LansiaFoto: Menag Lukman Hakim sambangi jemaah. (Triono S/detikcom)

Di lobi tempat hotel Muarif menginap, jemaah riuh ingin berfoto bersama Lukman. Beberapa berswafoto. Sementara di bagian lain, Muarif baru menyadari telah disambangi Menag yang juga Amirul Hajj (pemimpin ibadah haji).

"Iya, (Menag) mirip Pak Dokter," kata Muarif enteng sepeninggal Menag dan rombongan dari hotel.
(try/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed