DetikNews
Rabu 23 Agustus 2017, 20:33 WIB

Laporkan Bendera Terbalik ke Jokowi, Menpora: Beliau Manggut-manggut

Ray Jordan - detikNews
Laporkan Bendera Terbalik ke Jokowi, Menpora: Beliau Manggut-manggut Menpora Imam Nahrawi menunjukkan buku panduan Sea Games yang lama dan yang baru (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Imam melaporkan soal buku panduan resmi Sea Games 2017 dan juga perkembangan pesta olah raga antara negara Asia Tenggara tersebut.

Imam mengaku melapor tentang update prestasi Indonesia di Sea Games 2017. Pada Rabu (23/8) sore ini, Indonesia berada di peringakt 5 dengan perolehan 14 medali emas.


"Tentu beliau terus memberi support dan semangat sekaligus motivasi agar atlet Indonesia tidak boleh patah arang, tetap berusaha sebaik mungkin menjadi yang terbaik. Dan medali itu harus diraih dengan cara fair, sportif, jujur dan penuh semangat untuk Merah Putih," kata Imam saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Selain itu, Imam juga melaporkan soal insiden gambar bendera Indonesia yang terbalik dalam buku panduan resmi Sea Games 2017. Imam menyampaikan soal itikad baik pemerintah Malaysia atas kesalahan tersebut.

"Dan saya sudah sampaikan kepada Bapak Presiden bahwa sudah ada itikad baik dari pemerintah Malaysia, permohonan maaf yang langsung disampaikan oleh Menpora-nya, Menlu-nya," katanya.


Tak hanya itu, Imam juga menyampaikan soal perubahan yang telah dilakukan oleh panitia Sea Games 2017 terkait gambar bendera Indonesia terbalik tersebut.

"Sekaligus perubahan pada suvenir. Di mana sekarang sudah diubah oleh pemerintah Malaysia dari yang semula terbalik sekarang sudah benar. Ini yang salah, ini yang benar. Kemudian ini ditarik, judulnya sudah bisa. Yang benar ada tulisan updated edition. Edisi terbaru. Kemudian dalamnya juga sudah diubah," jelas Imam.

Imam juga mengatakan, buku yang kadung tercetak dan tersebar itu sudah ditarik oleh panitia. Para tamu sudah diberi buku yang baru, yang telah di-update.

"Sudah termasuk di halaman. Semua yang ada di meja tamu VIP, VVIP, termasuk juga di halaman gambar Thailand bendera Indonesia namanya Thailand sudah diganti juga," katanya.

Laporkan Bendera Terbalik ke Jokowi, Menpora: Beliau Manggut-manggutMenpora Imam Nahrawi menunjukkan buku panduan Sea Games yang lama dan yang baru (Foto: Ray Jordan/detikcom)

Lantas, apa respons Presiden Jokowi?

"Beliau manggut-manggut," jawab Imam.

"Yang pasti setelah saya laporan dengan detail kepada beliau, dengan menunjukkan majalah ini, surat dari Menpora dan juga dari Kemenlu Malaysia, beliau manggut-manggut dan senyum," tambah Imam.
(jor/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed