Yayasan Bani Syifa dan Metode Sembuhkan Mereka yang Gangguan Jiwa

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 21 Agu 2017 18:40 WIB
Yayasan Bani Syifa di Serang, Banten/Foto: Bahtiar Rivai-detikcom
Serang - Keberadaan Yayasan Bani Syifa di Serang, Banten sangat membantu masyarakat di tengah ketiadaan rumah sakit jiwa. Yayasan ini sudah menyembuhkan ribuan orang yang mengalami gangguan jiwa.

"Sampai sekarang jumlah catatan keluar masuk hampir seribu orang," ujar pengurus Yayasan Bani Syifa, Hidayatul Itlaq (40) saat berbincang dengan detikcom di Yayasan Bani Syifa, Jl Pamarayan, Serang, Senin (21/8/2017).

 Yayasan Bani Syifa di Serang, Banten Yayasan Bani Syifa di Serang, Banten Foto: Bahtiar Rivai-detikcom


Yayasan yang dibuka pada tahun 2000 itu pernah bekerjasama dengan Pemkot Cilegon melakukan razia di pusat kota hingga Merak. Hasilnya, dalam 3 jam ada 63 orang dengan gangguan jiwa yang mengikuti program terapi.

Namun bukan hanya Pemkot Cilegon yang menitipkan orang dengan masalah kejiwaan. Dinas sosial dari kabupaten dan kota lain juga sering menitipkan pasien-pasiennya.

"Yang suka bawa ke sini kan dari Dinas Sosial kota ada, provinsi juga ada. Dari Lampung, Serang ada, yang buangan banyak. Kalau buangan dari Dinsos yang nggak ada keluarganya juga banyak,"sambungnya.

Saat ini Yayasan Bani Syifa merawat sekitar 90 orang. 15 orang di antaranya perempuan yang ditempatkan di asrama yang dikunci dari luar. Selain ada ruang isolasi dan kamar, terdapat aula yang digunakan sebagai ruang bersama untuk salat dan kegiatan sehari-hari.

 Yayasan Bani Syifa di Serang, Banten Yayasan Bani Syifa di Serang, Banten Foto: Bahtiar Rivai-detikcom


Untuk terapi dan pengobatan, pihak yayasan dibantu 6 ustaz. Selain memberikan pengobatan secara medis termasuk dengan obatan herbal, pihak yayasan juga memberikan terapi keagamaan.

Hasil terapi menurut Itlaq berbeda pada masing-masing pasien. Ada yang sembuh hanya dalam waktu 1 minggu, ada juga yang sembuh selama satu bulan. Ini semua tergantung kejiwaan si pasien.

 Yayasan Bani Syifa di Serang, Banten Yayasan Bani Syifa di Serang, Banten Foto: Bahtiar Rivai-detikcom


Untuk mengisi kegiatan sehari-hari, para pasien diwajibkan salat berjamaah 5 kali sehari. Aula yang menjadi pusat kegiatan dijadikan masjid ketika waktu salat tiba. Di aula ini juga berkumpul pasien gangguan jiwa yang dirantai kakinya karena masih sering mengamuk.

"Habis salat ngaji setiap waktu. Magrib, Isya salat ngaji lagi, kalau pengobatan malam Selasa sama malam Jumat. Wirid yasin ayat kursi,"katanya.

(bri/fdn)