DetikNews
Senin 21 Agustus 2017, 12:41 WIB

Bendera RI Terbalik, Politikus PDIP Duga Ada Unsur Kesengajaan

Hary Lukita Wardani - detikNews
Bendera RI Terbalik, Politikus PDIP Duga Ada Unsur Kesengajaan Bendera Indonesia terbalik. (Edgar Su/Reuters)
Jakarta - Politikus PDIP Masinton Pasaribu mengomentari soal gambar bendera Indonesia yang terbalik dalam pembukaan SEA Games ke-29, Malaysia. Ia meminta perlu ada investigasi mengenai insiden ini.

"Malaysia sudah minta maaf. Sebagai negara yang beradab, kita memaafkan pernyataan resmi dari Malaysia. Namun itu harus diinvestigasi oleh aparat hukum Malaysia," ujar Masinton di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Investigasi tersebut, menurutnya, dilakukan untuk mengetahui motif di balik kejadian itu. Sebab, menurut Masinton, bendera bukan sekadar simbol, tapi juga kedaulatan negara Indonesia.

"Ada motif apa, baiknya mesti ditindak, karena itu pelecehan terhadap sebuah kedaulatan negara. Karena bendera tidak hanya sekadar simbol, bukan hanya warna, tapi dia lambang kedaulatan negara RI," kata anggota Komisi III DPR itu.


Masinton menekankan permohonan maaf dari Malaysia memang sudah diterima. Dia menduga penempatan gambar bendera Indonesia yang terbalik dilakukan secara sengaja.

"Minta maaf saja kita terima, namun itu tidak cukup, agar menjadi pelajaran juga di Malaysia sana. Mereka juga harus belajar hukum, karena itu pasti disengaja. Dugaan disengaja itu pasti tinggi," ucap Masinton.


Insiden gambar bendera Indonesia yang terbalik itu tercetak di buku suvenir pembukaan SEA Games ke-29 yang dibagikan pada Sabtu (19/8). Atas peristiwa itu, pemerintah Malaysia menyampaikan permintaan maaf resmi melalui Menlu Malaysia Dato Sri Anifah Haji Aman.

"Atas nama Pemerintahan Malaysia, Kementerian Luar Negeri Malaysia mengungkapkan penyesalan atas kesalahan yang tidak sengaja yang dibuat oleh panitia penyelenggara Malaysia terkait salah cetak bendera Indonesia," demikian pernyataan dari Menlu Malaysia, Minggu (20/8).
(lkw/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed