DetikNews
Rabu 16 Agustus 2017, 20:28 WIB

Jokowi Ungkap Alasan Pakai Baju Adat Bugis di Sidang Tahunan

Niken Purnamasari - detikNews
Jokowi Ungkap Alasan Pakai Baju Adat Bugis di Sidang Tahunan Foto: Dok. Biro Pers Setpres
Jakarta - Presiden Joko Widodo tampil beda saat hadir dalam Pidato Kenegaraan di sidang tahunan MPR/DPR/DPD di Gedung Nusantara, Jakarta, hari ini. Jokowi mengenakan pakaian adat bangsawan Bugis-Makassar yakni songkok racca.

Jokowi mengatakan alasannya mengenakan pakaian adat tersebut untuk menunjukan bahwa Indonesia begitu kaya dan majemuk. Baik dari suku, bahasa, budaya serta busana.

"Dengan pakaian adat tradisional itulah kami datang ke Sidang Tahunan MPR-RI Tahun 2017 di Senayan, hari ini. Indonesia ini sungguh kaya dan majemuk. Semuanya bernaung di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia," tulis Jokowi dalam laman Facebooknya, Rabu (16/8/2017).



Selain itu, Jokowi juga mengatakan dirinya dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saling bertukar baju adat. Jokowi mengenakan pakaian adat Makassar, sementara JK memakai blangkon khas Solo.

"Saya mengenakan songkok racca, jas tutu', bersarung lipa' garusu'. Pak Jusuf Kalla memakai blangkon dan berkain batik. Saya dengan busana ala Bone, Pak JK tampil dengan beskap gaya Solo," kata Jokowi.

Songkok racca dikenal juga dengan sebutan Songkok To Bone yang berarti Songkok Orang Bone. Keistimewaan songkok emas ini adalah lapisan emas yang menunjukkan derajat kebangsaannya.

Jika bagian berlapis emas lebih dominan dari bahan serat Lontar, maka derajat bangsawannya tinggi, yang biasa digunakan bagi bangsawan bergelar Bau, Baso, Arung, Petta, Andi dan Karaeng.
(nkn/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed