DetikNews
Rabu 16 Agustus 2017, 20:15 WIB

Meriahkan HUT RI, Pemprov DKI Adakan 'Gebyar Jakarta Merah Putih'

Bisma Alief Laksana - detikNews
Meriahkan HUT RI, Pemprov DKI Adakan Gebyar Jakarta Merah Putih Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat-detikcom
FOKUS BERITA: HUT RI ke-72
Jakarta - Pemprov DKI menyiapkan serangkaian acara dalam memeriahkan HUT ke-72 RI. Rangkaian acara tersebut diberi tema 'Gebyar Jakarta Merah Putih'.

Rangkaian acara tersebut dimulai dengan malam pentas lagu perjuangan kemerdekaan yang diadakan di Halaman Balai Kota. Selanjutnya upacara bendera akan diadakan di Lapangan IRTI Monas pada Kamis (17/8) pada pukul 07.30 WIB.

Dalam upacara tersebut, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan bertindak sebagai inspektur upacara. Tak hanya di Monas, Sekda DKI Saefullah meminta upacara juga diadakan di tingkat kelurahan.

"Agar kemerdekaan juga bisa dirasakan hingga tingkat paling bawah," kata Saefullah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (16/8/2017).

Usai upacara, agenda pada Kamis besok berlanjut pada sore harinya, yaitu peresmian Simpang Susun Semanggi. Rencananya, peresmian tersebut akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

"Peresmian Simpang Susun Semanggi oleh Bapak Presiden," ujar Saefullah.

Usai peresmian Simpang Susun Semanggi, acara berlanjut malam hari di Halaman Balai Kota. Acara tersebut adalah malam budaya dan tasyakuran HUT RI, sekaligus pementasan wayang kulit.

Di hari Jumat (18/8) pagi, Pemprov DKI mengadakan senam pagi bersama. Lalu, di malam hari ada malam apresiasi seni dan budaya kemerdekaan. Kedua acara tersebut dilakukan di Halaman Balai Kota.

Acara berlanjut di hari Sabtu (19/8). Pada hari Sabtu ada 5 acara yang diadakan oleh Pemprov DKI. Acara dibuka dengan parade gebyar RPTRA dan pameran produk RPTRA.

"Sabtunya ada parade gebyar RPTRA dan pameran produk RPTRA dari Monas menuju Balai Kota," tutur Saefullah.

Selanjutnya ada lomba memasak nasi goreng sehat dan lomba menyanyi solo. Acara tersebut diikuti oleh SKPD di lingkungan Pemprov DKI.

"Ada juga pemberian penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta," kata Saefullah.

Pada Sabtu malam, Pemprov DKI Jakarta menggelar pentas seni kemerdekaan kantor-kantor kelurahan, camat, dan wali kota.

Pada pekan ketiga Agustus, enam rumah susun juga akan diresmikan, yakni Rusun Rawa Bebek, Rusun Cakung Barat, Rusun Jalan Raya Bekasi KM2, Rusun Marunda, Rusun Semper, dan Rusun KS Tubun. Namun agenda tersebut masih tentatif.
(bis/fdn)
FOKUS BERITA: HUT RI ke-72
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed