DetikNews
Selasa 15 Agustus 2017, 15:06 WIB

Terungkap! Ini yang Desak Ahok Mundur di Tengah Jalan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Terungkap! Ini yang Desak Ahok Mundur di Tengah Jalan Ilustrasi Ahok mundur (Zaki Alfaraby/detikcom)
Jakarta - Di awal mengemukanya kasus penistaan agama, pernah ada pihak yang mendesak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mundur dari gelanggang Pilgub DKI 2017. Soal siapa sosok yang mendesak Ahok mundur pun misterius. Kini teka-teki itu mulai terungkap.

Ahok pertama kali mengungkap adanya desakan agar dirinya mundur dari Pilgub DKI pada November 2016. Kala itu, ada seseorang yang menyampaikan permintaan itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sampailah ke telinga Ahok.

"Saya sudah diminta untuk mundur karena sudah dilaporkan akan terjadi ketidakpastian dan kekacauan," kata Ahok dalam perbincangan di kantor detikcom, Jl Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Kamis (9/11/2016) lalu.

Namun Ahok tak menggubris. Ia memutuskan jalan terus. Sampai kemudian proses hukum dugaan penistaan agama berakhir dengan vonis hukuman untuk Ahok.

Nah, teka-teki soal siapa sosok yang mendesak Ahok mundur itu mulai terang benderang justru dalam sidang lanjutan terdakwa kasus UU ITE, Buni Yani, di gedung Arsip, Jalan Seram, Kota Bandung, Jabar, Selasa (15/8/2017).

Baca Juga:
Ahok: Saya Sudah Diminta Mundur dari Pilgub DKI 2017

Keterangan tertulis Ahok yang dibacakan jaksa penuntut umum dalam sidang ini membuka banyak fakta. Ada 13 poin kesaksian Ahok berdasarkan berita acara pemeriksaan (BAP) saat pemeriksaan Ahok oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Ahok merasa difitnah, diancam, bahkan sampai ancaman pembunuhan yang menimpanya. Ahok dalam keterangannya kembali mengungkap sosok yang mendesaknya mundur dari gelanggang Pilgub DKI 2017.



"Ada salah satu partai pendukung yang minta saya mundur karena menista agama," kata dia.

Meski demikian, tak ada nama parpol ataupun si oknum parpol yang mendesak Ahok mundur di tengah jalan itu. Apakah misteri ini bakal terungkap di kemudian hari?
(van/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed