DetikNews
Sabtu 12 Agustus 2017, 15:53 WIB

Keluarga Ajukan Pemindahan Abu Bakar Ba'asyir dari LP Gunung Sindur

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Keluarga Ajukan Pemindahan Abu Bakar Baasyir dari LP Gunung Sindur Abu Bakar Ba'asyir di RS Harapan Kita (Foto: Dok. Tim Kesehatan MER-C)
Jakarta - Anak ketiga Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rochim Ba'asyir mengajukan pemindahan ayahnya dari Lapas Gunung Sindur, Bogor. Alasannya karena kondisi kesehatan dan usia yang sudah senja.

"Kita mengajukan serius supaya pemerintah memberi kebijakan khusus untuk Abu Bakar Ba'asyir. Karena memang kondisi beliau kurang bagus, faktor usia yang semakin menurun," ujar Abdul Rochim usai konferensi pers di Kantor MER-C, Jalan Kramat Lontar, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017).

Abdul Rochim tidak meminta ayahnya dibebaskan dari tahanan. Keluarga hanya meminta ada kebijaksanaan khusus atas kondisi kesehatan Ba'asyir.

"Tadi kata dokter beliau penjiwaannya sangat kuat, tapi bukan berarti melupakan arti kemanusiaan juga perlu diperhatikan pemerintah," paparnya.


Abdul Rochim menceritakan di Lapas Gunung Sindur, ayahnya menempati sel berukuran kecil dan didampingi satu tahanan lain. Namun dengan memasuki usia senja, kondisi itu dinilai tidak manusiawi.

"Ustad Abu Bakar Ba'asyir membutuhkan pelayanan seperti mencuci baju dan sebagainya, dan tidak mungkin bolak balik keluar masuk, menjaga di luar kalo Tengah malam ada apa, beliau ada yang melaporkan kos petugas, lebih pada sisi itu," tuturnya.


Tim kuasa hukum Abu Bakar Ba'asyir, kata Abdul Rochim juga sudah mengajukan surat ke pemerintah. Pihaknya meminta pemerintah melihat kondisi kemanusiaannya.

"Jangan hanya sisi hukum saja, jadi jangan disamakan dengan napi yang lebih muda, yang masih kondisinya lebih sehat," pungkasnya.
(edo/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed