DetikNews
Sabtu 12 Agustus 2017, 10:43 WIB

Tarik Ulur Mediasi Acho dan Pengelola Apartemen, Ke Mana Ujungnya?

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Tarik Ulur Mediasi Acho dan Pengelola Apartemen, Ke Mana Ujungnya? Foto: Mei Amelia/detikcom
Jakarta - Mediasi komika Muhadkly MT alias Acho dengan pengelola Apartemen Green Pramuka menggantung. Poin-poin kesepakatan damai antara keduanya belum menemukan titik terang.

Acho awalnya dilaporkan pihak apartemen, setelah dirinya curhat mengenai apartemen tersebut. Kasus terus bergulir hingga akhirnya berkas perkara dinyatakan lengkap (P-21) dan Acho sudah dilimpahkan ke Kejari Jakpus, namun tidak ditahan. Acho dijerat dengan Pasal 27 UU ITE tentang pencemaran nama baik melalui ITE.


Kasus ini terus bergulir hingga akhirnya Acho dan pengelola apartemen bersedia duduk bersama melakukan mediasi di Gedung Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, pada Rabu 9 Agustus 2017. Kedua pihak lalu sepakat untuk menyelesaikan perkara secara kekeluargaan dan berdamai. Meski berdamai, berkas kasus Acho atas dugaan pencemaran nama baik dan fitnah itu belum dicabut.

Mediasi malam itu belum tuntas. Acho dan pengelola apartemen berencana melanjutkan proses mediasi di Green Pramuka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada Kamis 10 Agustus 2017. Mediasi lanjutan ini akan membahas poin-poin kesepakatan antara Acho dan pengelola apartemen.



Salah satu persyaratan yang diajukan pihak apartemen untuk kesepakatan damai itu adalah Acho meminta maaf. Namun, Acho menimbang hal itu cukup berat baginya. "Saya tidak akan meminta maaf untuk sebuah kesalahan yang tidak saya lakukan. Itu namanya terpaksa. Saya hanya ingin perdamaian yang tanpa tekanan, kalau ditekan ya bukan damai namanya," kata Acho.


Setelah ditunggu-tunggu, Acho belum menerima panggilan dari pengelola apartemen hingga Jumat 11 Agustus 2017. Acho mengaku tidak ada inisiatif untuk menghubungi pihak apartemen terkait kelanjutan upaya mediasi tersebut. Dia hanya akan menunggu panggilan dari pengelola apartemen.

"Saya kan disuruh menunggu, soalnya saya pihak terlapor. Kalau dipanggil, ya saya datang, seperti kemarin di Polda saja. Saya nggak tahu. Kabar terakhir sih (pengelola apartemen) masih konsolidasi internal," ujar Acho.



Acho bahkan telah siap apabila mediasi berakhir deadlock. "Yang jelas saya akan bersiap untuk kemungkinan terburuknya, bilamana mereka tak tepati janji untuk berdamai tanpa tekanan terhadap saya," jelas Acho.


Sementara itu, pengelola partemen meyakinkan membuka peluang mediasi itu, namun meminta Acho tidak mencampuradukkan dengan persoalan penghunian dahulu. "Mediasi perlu proses. Hanya waktunya yang tidak bisa kita tentukan. Ada hal yang harus dibicarakan secara serius," ujar M Rizal Siregar kepada detikcom, Jumat 11 Agustus 2017 malam.


Rizal mengatakan pihaknya ingin duduk bersama untuk membahas persoalan hukum yang tengah bergulir saat ini. Masalah penghunian Acho di apartemen agar dikesampingkan terlebih dahulu sebelum persoalan hukum selesai.

Akankah keduanya berdamai?


(aan/fay)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed