DetikNews
Kamis 10 Agustus 2017, 08:02 WIB

Saat Mas Imin Buat Khofifah Gerah

Andhika Prasetia - detikNews
Saat Mas Imin Buat Khofifah Gerah Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Niatan Khofifah Indar Parawansa maju ke Pilgub Jatim semakin jelas. Namun, di sisi lain Ketum PKB Muhaimin Iskandar terus menghadangnya dengan kritikan tajam. Khofifah pun dibuat gerah dengan Cak Imin.

Mas Imin--panggilan Khofifah pada Muhaimin-- memulai perang urat syaraf dengan menyebut Khofifah tak sekuat dulu lagi. Cak Imin pun sempat menyarankan ke Presiden Joko Widodo supaya tak merestui Khofifah maju Pilgub Jatim.

"Saya sudah sampaikan ke Presiden bahwa ini (Jatim) satu-satunya provinsi yang NU (Nahdlatul Ulama)-nya sangat kuat. Hanya Jawa Timur. Kalau bisa Bu Khofifah tidak usah (ikut Pilgub lagi). Diizinkanlah jadi menteri saja," ucap Cak Imin di kediamannya, Jl Warung Sila, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (8/7).

Pasalnya, PKB sudah mengusung Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan ingin suara Nahdlatul Ulama (NU) tak pecah di Jatim. Bahkan, Cak Imin memprediksi Khofifah bakal keok di Pilgub Jatim kali ini.

"Pasti (sudah tak sekuat dulu). Makanya saya ingatkan, jangan memaksakan diri, lebih baik bersatu daripada kita nanti pecah dan kalah juga dia. Waktu itu kita (PKB) dua kali dukung Khofifah," ucap Cak Imin di The Acacia Hotel, Jakpus, Senin (7/8).

Ucapan Cak Imin berbalas kritikan tajam dari Khofifah. Ia menyebut, Cak Imin nggak update banget. Khofifah juga menegaskan, tak sepantasnya Presiden didikte.

"Tidak seyogianya siapa pun mendikte Presiden! Masak iya sih Mas Imin melakukan itu," ujar Khofifah di kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (9/8).

"Saya juga kaget kalau itu keluar dari Mas Imin. Bukannya PKB berdiri setelah adanya PPP. Semula warga NU itu kan lebih banyak terafiliasi dengan PPP. NU pada 1993 itu fusinya ke PPP. Ketika PKB berdiri, warga NU ada varian afiliasi. Ada warga NU di Golkar, Nusron Wahid. Jadi demokratisasi di NU itu berjalan sangat bagus selama ini," tambahnya.

Seperti diketahui, Khofifah saat ini tengah berkomunikasi dengan beberapa parpol. Khofifah mengklaim partai-partai itu telah cukup sebagai kendaraan politik untuk berlaga di Pilgub Jatim. Ia juga mengisyaratkan akan berpamitan dengan Jokowi.

Lalu apa sebenarnya ujung debat Cak Imin dengan Khofifah?
(dkp/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed