Peserta Lomba Matematika Tiba di RI, Termasuk Putra Kapolda Metro

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Senin, 07 Agu 2017 20:30 WIB
Foto: Pelajar peserta lomba IMCS tiba di Bandara Cengkareng. (Ahmad Bil Wahid)
Tangerang - Pelajar Indonesia yang mengikuti International Mathematics Contest di Singapura (IMCS) tiba di tanah air. Mereka langsung mendapat ucapan selamat saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pantauan detikcom, rombongan pelajar itu keluar dari terminal kedatangan Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 19.40 WIB, Senin (7/8/2017). Di lokasi penjemputan, para orang tua sudah menunggu.

Satu persatu pelajar itu mendapat kalungan bunga saat keluar, termasuk Irfan Urane Aziz yang merupakan putra Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Aziz.


Para siswa terlihat tersenyum saat mendapat sambutan. Khusus Irfan, Dia juga tampak memegang piala yang diraihnya dalam ajang itu.

Pelajar peserta lomba IMCS tiba di Bandara Cengkareng.Pelajar peserta lomba IMCS tiba di Bandara Cengkareng. Foto: Ahmad Bil Wahid


Pada IMCS 2017 ini, tim Indonesia meraih 14 emas, 26 perak, 50 perunggu, dan 38 merit. Tapi hal yang sangat membanggakan di tahun ini adalah seorang siswa Indonesia memperoleh penghargaan Grand Champion, yakni Irfan.

Pelajar peserta lomba IMCS tiba di Bandara Cengkareng.Pelajar peserta lomba IMCS tiba di Bandara Cengkareng. Foto: Ahmad Bil Wahid


Total ada 129 pelajar Indonesia yang terdiri dari pelajar kelas 3 SD sampai kelas 11 SMA mengikuti IMSC, yang digelar pada 4-7 Agustus 2017, ini. Adapun total peserta pada lomba ini adalah 1.178 oran, yang berasal dari 11 negara, yaitu China, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Filipina, Indonesia, Korea, Thailand, Iran, Vietnam, dan Australia.

Para peserta IMCS dari Indonesia merupakan hasil seleksi dari sekitar 250 ribu siswa yang mengikuti Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) dan para siswa pilihan yang mengikut Math In House Training (MIHT). Lomba IMCS 2017 merupakan tahun ke-10 yang diikuti Indonesia.

(abw/idh)