Ini Surat Menaker Prancis untuk Juniari, Anak Buruh di Bali

Prins David Saut - detikNews
Senin, 07 Agu 2017 15:30 WIB
Menaker Prancis Muriel Penicaud dan Juniari (dok Istimewa)
Denpasar - Anak buruh ampelas, Ni Made Juniari, akhirnya bisa menjadi sarjana hukum, yang dibantu dibiayai oleh Menaker Prancis Muriel Penicaud. Muriel sangat perhatian.

Ni Made Juniari tak pernah menyangka bisa menyelesaikan bangku kuliah dengan titel sarjana hukum dari Universitas Warmadewa di Denpasar. Hal ini terwujud karena bantuan dari Menteri Tenaga Kerja Prancis Muriel Penicaud dan beberapa orang lainnya melalui Yayasan Anak Bali.

BACA JUGA: Kisah Anak Buruh Ampelas Jadi Sarjana Dibantu Menteri Prancis

"Saya tahu dia diangkat menjadi menteri oleh Presiden Emmanuel Macron pada Mei 2017, diberi tahu oleh yayasan," kata Juniari kepada detikcom di Denpasar, Bali, Senin (7/8/2017).

Sebelum diangkat jadi menteri, Muriel dikenal Juniari sebagai salah satu petinggi perusahaan internasional asal Prancis. Pertemuan pertama terjadi saat Juniari duduk di bangku kelas 3 SMA, pertemuan kedua di rumah kos Juniari di Denpasar, dan pertemuan terakhir di salah satu restoran di Ubud, Gianyar, Bali.

"Pertama bertemu kelas 3 SMA, lalu semester kedua saat kuliah, dan pertemuan ketiga pas 2016 di Ubud. Dia orangnya sangat ramah dan kebetulan bisa bahasa Indonesia sedikit-sedikit," ujar Juniari.

Perhatian Menaker Prancis untuk Juniari, Anak Buruh di BaliNi Made Juniari menjadi sarjana hukum. Ibunya buruh ampelas. (dok Istimewa)
Muriel juga pernah membantu Juniari ketika harus magang dan berhasil magang di salah satu perusahaan besar di Bali. Namun kebanggaan terpancar dari mata cokelat Juniari ketika berkisah tentang diangkatnya Muriel sebagai menteri.

"Pas tahu dia diangkat jadi menteri ya saya kagum, ternyata dia sukses sekali sebagai seorang wanita. Dia masih suka kasih motivasi ke saya, dia senang dan selalu memberikan dukungan ke saya juga," ucap Juniari.

BACA JUGA: Bantu Sekolah, Menaker Prancis Tanya Cita-cita Anak Buruh di Bali

Ini Surat Menaker Prancis untuk Juniari, Anak Buruh di BaliFoto: (dok Istimewa)

Rasa senang Juniari semakin terpancar ketika menunjukkan e-mail dari Muriel pada akhir Juli 2017. Begini tulisan Muriel untuk Juniari:

Hello Dear Ni Made Juniari,

Maaf, saya tidak bisa menjawab surat kamu lebih cepat. Sejak saya menjadi menteri tenaga kerja Prancis, saya sangat sangat sibuk! Dengan rendah hati, saya merasa bangga dan senang bisa membantu negara saya.

Apa kabar dirimu, setelah sukses lulus? Saya sangat bangga sama kamu! Kalau kamu punya foto pas wisuda, tolong kirimkan ke saya. Apa yang kamu lakukan sekarang? Apa rencana kamu ke depan?

Untuk mendukung kamu memulai kehidupan profesional, saya telah meminta Yayasan Anak untuk tetap membiayai kehidupan kamu dua bulan ke depan. Saya telah membiayainya.

Tetap sehat, semoga sukses dan bahagia.

With love,
Muriel (fay/imk)