Bantu Sekolah, Menaker Prancis Tanya Cita-cita Anak Buruh di Bali

Prins David Saut - detikNews
Senin, 07 Agu 2017 13:40 WIB
Juniari dan Menaker Prancis Muriel Penicaud (dok Istimewa)
Denpasar - Jangan pernah patah semangat mengejar cita-cita. Semangat ini menyentuh hati Menaker Prancis Muriel Penicaud untuk menyekolahkan anak buruh di Bali.

Ni Made Juniari ditinggal ayahnya meninggal dunia tahun 2002. Ibunya hanyalah anak seorang buruh ampelas kerajinan kayu dengan gaji hanya Rp 700 ribu sebulan di Ubud, Bali.

Namun Juniari punya tekad kuat untuk bersekolah yang tinggi. Juniari awalnya dibantu yayasan sosial untuk bersekolah, sampai akhirnya dia dibantu Muriel Penicaud, perempuan Prancis yang kini diangkat jadi Menaker oleh Presiden Emmanuel Macron.

"Awalnya itu belum dibantu Ibu Muriel, baru dibantu saat saya kelas 3 SMA. Saya ditelepon pihak yayasan saat saya di sekolah bahwa Ibu Muriel ada di rumah Ibu di Gianyar," ujar Juniari kepada detikcom, Senin (7/8/2017).

Bantu Sekolah, Menaker Prancis Tanya Cita-cita Anak Buruh di BaliJuniari dan Menaker Prancis Muriel Penicaud (dok Istimewa)
Juniari lalu bersemangat pulang ke rumah ibunya hingga bertemu sosok wanita berambut pirang kecokelatan itu. Hal pertama yang ditanyakan Muriel kepada Juniari adalah cita-cita.

"Ditanya apa cita-cita saya dan bagaimana sekolah. Saya jawab cita-cita saya ingin jadi pengacara karena saya suka keadilan," ucap Juniari.

Seperti Muriel tersentuh hatinya. Dia bilang cita-cita Juniari bagus dan menyarankan Juniari mengambil fakultas hukum.

"Terus dia lihat nilai saya dan dia bilang bagus kemudian dia bantu saya," ucap Juniari.

BACA JUGA: Kisah Anak Buruh Ampelas Jadi Sarjana Dibantu Menteri Prancis

Beberapa tahun kemudian, Juniari telah menjadi sarjana hukum dari Universitas Warmadewa di Denpasar dan baru diwisuda pada awal tahun ini. Muriel pun karirnya naik dan diangkat Presiden Emmanuel Macron menjadi Menteri Tenaga Kerja Prancis.

Selain jadi pengacara, Juniari juga menyatakan ingin menjadi hakim dan siap berkompetisi dalam CPNS Mahkamah Agung tahun ini.

"Saya lulus 22 April 2017 dan Ibu Muriel diangkat Presiden Emmanuel Macron sebagai Menteri Tenaga Kerja pada 17 Mei 2017 lalu. Sekarang saya sedang mencari pekerjaan dan saya juga mau jadi hakim dari CPNS tahun ini," pungkas Juniari. (fay/imk)