Waktu Tempuh KRL Jakarta Kota-Cikarang 90 Menit, Ini Rutenya

Bisma Alief Laksana - detikNews
Jumat, 28 Jul 2017 14:56 WIB
Uji coba Commuter Line Kota-Cikarang (Bisma/detikcom)
Uji coba Commuter Line Kota-Cikarang (Bisma/detikcom)
Jakarta - PT KAI Commuter Jakarta (KCJ) akan meresmikan KRL Jakarta Kota-Cikarang pada September 2017. Nantinya, Jakarta Kota-Cikarang hanya akan membutuhkan waktu 1 jam 30 menit atau 90 menit.

Sebagai perbandingan, bila menggunakan mobil, perjalanan dari Cikarang menuju Jakarta bisa ditempuh dalam waktu 2-3 jam dalam kondisi macet. Kalau lancar mungkin 90 menit. Namun, bila menggunakan KRL, waktu tempuhnya bisa dipotong hingga 1 jam 30 menit.

"Nantinya dari Manggarai-Cikarang sekitar 55 menit hingga 1 jam. Untuk Jakarta Kota-Cikarang sekitar 1 jam 20 menit hingga 1 jam 30 menit," kata Vice President (VP) Communication PT KCJ Eva Chairunisa di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2017).

Dari Jakarta Kota, KRL menuju Cikarang akan melewati Stasiun Jayakarta, Mangga Besar, Sawah Besar, Juanda, Gambir (tidak berhenti), Gondangdia, Cikini, dan Manggarai. Manggarai merupakan stasiun transit bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan KRL rute lainnya.

Dari Manggarai, KRL berlanjut melewati Stasiun Jatinegara, Klender, Buaran, Klender Baru, Cakung, Kranji, dan Bekasi. Dari Bekasi, ada 3 stasiun yang akan dilewati sebelum mencapai Cikarang. Stasiun tersebut adalah Bekasi Timur, Tambun, dan Cibitung.

Sedangkan dari Cikarang, stasiun yang sama akan dilewati KRL. Bila ingin transit, penumpang bisa turun di Stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai. Jatinegara merupakan tempat transit bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke Stasiun Senen. Sedangkan Manggarai adalah tempat transit bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke Bogor dan Tanah Abang. (bis/rvk)