Mobil RI-5 Melintas di Busway Depan Gandaria City

Mobil RI-5 Melintas di Busway Depan Gandaria City

Jabbar Ramdhani, Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 26 Jul 2017 15:15 WIB
Mobil pelat RI-5 masuk busway di depan Gandaria City, Kebayoran Baru. (Teguh Aryanto/pasangmata.detik.com)
Mobil pelat RI-5 masuk busway di depan Gandaria City, Kebayoran Baru. (Teguh Aryanto/pasangmata.detik.com)
Jakarta - Ada sejumlah pelat kendaraan yang diperbolehkan masuk ke jalur TransJakarta atau busway dalam kondisi tertentu. Pengemudi mobil berpelat nomor RI-5 menggunakan diskresi itu pagi ini.

Peristiwa ini terjadi di kawasan Kebayoran baru, Jakarta Selatan. "Mobil RI-5 beserta motor voorijder masuk jalur TransJ di seberang Gandaria City, Kebayoran Baru. Tapi motor voorijder tidak terfoto," kata kontributor pasangamata, Teguh Aryanto, ketika dimintai konfirmasi, Rabu (26/7/2017).

Teguh mengatakan menyaksikan hal tersebut ketika dirinya melintas di Jalan Sultan Iskandar Muda dari Pondok Indah ke arah Kebayoran Lama. Peristiwa itu terjadi pada hari ini sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Hanya Mobil Berpelat RI Boleh Lewat Busway, Gubernur Dilarang

Teguh mengatakan kondisi lalu lintas pada pagi itu tidak terlalu macet. Tak ada mobil lain yang ikut masuk ke jalur TransJ setelah mobil RI-5 melintas.

"Kondisi lalu lintas tadi pagi relatif lancar. Waktu saya foto, kecepatan mobil saya 30-40 km/jam. Kalau mobil RI-5 jalan standar dengan kecepatan 50 km/jam," ujarnya.

Dimintai konfirmasi mengenai hal ini, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengaku belum mengetahui adanya mobil RI-5 yang melintas di busway. Meski demikian, dia mengatakan, secara peraturan, mobil pejabat berpelat RI dibolehkan melintas.

"Saya belum lihat, tapi di peraturan itu (mobil pelat RI) bisa. Siapa-siapa yang bisa. Diskresi pun kalau polisi macet bisa," kata Halim di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat. (jbr/fjp)