DetikNews
Rabu 19 Juli 2017, 22:43 WIB

Andi Mallarangeng akan Selesaikan Buku Gaple yang Ditulis di Lapas

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Andi Mallarangeng akan Selesaikan Buku Gaple yang Ditulis di Lapas Andi Mallarangeng (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Andi Mallarangeng sudah bebas setelah menjalani hukuman 4 tahun penjara atas kasus korupsi proyek Hambalang. Setelah bebas, Andi berencana menyelesaikan buku soal gaple yang ia tulis semasa di penjara.

"Ada buku tentang gaple yang insyaallah akan saya selesaikan dalam waktu dekat ini," kata Andi saat ditemui setelah mengambil surat pengakhiran masa cuti menjelang bebas (CMB) di Kantor Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I-A Bandung, Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung, Jabar, Rabu (19/7/2017).


Menurut eks Menteri Pemuda dan Olahraga itu, gaple merupakan salah satu olahraga yang paling digemari. Namun, sambung dia, selama ini belum ada buku resmi tentang permainan gaple.

"Menurut saya, gaple ini olahraga otak yang paling populer di seluruh Indonesia. Cuma tidak ada yang nulis karena tidak ada notasinya," kata Andi.

Andi mengatakan buku tersebut dibuat semenjak ia menjalani masa hukuman di Lapas Sukamiskin, Bandung. Ia mulai terinspirasi menulis setelah sering bermain gaple saat berada di balik jeruji besi.

"Ya, memang sering bermain. Tetapi saya pingin membuatnya lebih ilmiah," tuturnya.


Dengan buku gaple tersebut, Andi berharap masyarakat bisa mempelajari dan memainkan olahraga tersebut sesuai aturannya.

"Saya menciptakan notasi, kemudian permainan gaple bisa direkonstruksi ulang, dianalisis, bahkan bisa dipikir-pikir," ucapnya.

Andi, yang divonis hukuman pidana penjara selama 4 tahun oleh pengadilan tingkat pertama, bebas setelah menjalani masa CMB selama tiga bulan. Selama menjalani masa CMB, pihak Balai Pemasyarakatan berujar, Andi berperilaku baik.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed