DetikNews
Jumat 14 Juli 2017, 02:53 WIB

Mensos Sesalkan ABG Selamet yang Nikah Masih di Bawah Umur

Tri Ispranoto - detikNews
Mensos Sesalkan ABG Selamet yang Nikah Masih di Bawah Umur Mensos Khofifah Indar Parawansa (Foto: Dok. Kemensos)
Cirebon - Belakangan ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan pernikahan Selamet Riyadi (16), dan Rohaya (71). Bahkan pasca-menikah, pasangan beda usia yang sedang bahagia itu kini tengah berbulan madu.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menanggapi soal fenomena pernikahan dua sejoli ini. Ia menyesalkan pernikahan ABG Selamet yang masih di bawah umur.

Dalam hal ini Khofifah tidak menyoroti jauhnya perbedaan usia kedua pasangan ini. Namun lebih pada usia Selamet yang masih belum cukup umur untuk menikah. Pasalnya dalam undang-undang diatur jika usia minimal laki-laki menikah adalah 19 tahun.

"Saya prihatin dan menyesalkan pernikahan anak di bawah umur ini," ucapnya kepada wartawan usai menghadiri acara Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai PKH di Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (13/7/2017).

Khofifah mengungkapkan, dirinya sudah memberikan saran agar Slamet melanjutkan sekolahnya melalui program kejar paket. Hal itu lantaran kondisi slamet yang sudah drop out sejak kelas 2 SD.

"Bagaimana pun dia masih anak-anak. Gejolak psikologisnya masih dalam pemantauan dan pengawasan," ujar Khofifah.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed