DetikNews
Kamis 06 Juli 2017, 19:43 WIB

Laporan soal Kaesang Disetop, Teten: Tak Ada Intervensi Presiden

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Laporan soal Kaesang Disetop, Teten: Tak Ada Intervensi Presiden Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Teten Masduki (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
FOKUS BERITA: Kaesang Dipolisikan
Jakarta - Mabes Polri memastikan laporan atas putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, disetop karena tidak memenuhi sangkaan unsur pidana. Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Teten Masduki menyebut tidak ada intervensi dari Presiden Jokowi soal penanganan pelaporan atas Kaesang.

"Itu wilayah kepolisian. Kalau memang tidak ada unsur pidananya, berarti tidak diteruskan. Tapi saya kira tidak ada intervensi dari Presiden. Presiden sedang sibuk," ujar Teten di kantor KSP, gedung Bina Graha, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2017).

Baca Juga: Gelar Perkara, Polisi: Tak Ada Unsur Pidana Pelaporan Kaesang

Menurut Teten, polisi sudah seharusnya mengambil keputusan tegas terhadap laporan-laporan yang diterima. Jika tidak memiliki unsur pidana, proses penanganannya, menurut Teten, tidak perlu diteruskan.

"Iya, makanya saya kira polisi harus berani bukan pada kasus ini saja. Kalau tidak ada unsur pidana, memang tidak harus diteruskan. Ini sekali lagi bukan karena faktor anak presiden," sambungnya.

"Tapi kan negara masak harus membiayai, katakanlah pertengkaran orang per orang, itu harusnya digeser ke perdata saja. Silakan saling gugat. Jangan gunakan institusi negara karena itu dan sehingga saya kira tepatlah. Kalau tidak ada unsur pidana, nggak usah diteruskan. Kalau perlu didorong penyelesaian di luar pengadilan," imbuhnya.

Polisi sudah melakukan gelar perkara laporan Muhammad Hidayat atas Kaesang. Dari hasil gelar perkara, disimpulkan vlog 'Ndeso' Kaesang yang dilaporkan tidak memenuhi unsur sangkaan pidana ujaran kebencian (hate speech).

"Sudah ada gelar perkara internal, sudah minta keterangan ahli, ujaran di video Kaesang tidak memenuhi unsur," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto kepada wartawan di Mabes Polri.

Gelar perkara, menurut Setyo, dilakukan di Polres Bekasi Kota. Dari hasil ini, polisi dipastikan tidak akan melanjutkan proses penyelidikan laporan atas Kaesang.
(nvl/fdn)
FOKUS BERITA: Kaesang Dipolisikan
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed