DetikNews
Kamis 06 Juli 2017, 11:05 WIB

Dalami Penganggaran e-KTP, KPK Panggil Eks Ketua DPR Marzuki Alie

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Dalami Penganggaran e-KTP, KPK Panggil Eks Ketua DPR Marzuki Alie Mantan Ketua DPR Marzuki Alie dipanggik KPK. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom).
FOKUS BERITA: Sidang Lanjutan e-KTP
Jakarta - KPK terus mendalami pembahasan anggaran proyek e-KTP. Sejumlah nama dari unsur DPR dipanggil sebagai saksi hari ini.

Beberapa saksi yang dipanggil di antaranya ada nama mantan Ketua DPR Marzuki Alie, mantan Ketua Banggar Melchias Marcus Mekeng (kini pimpinan Komisi XI DPR), mantan pimpinan Banggar Tamsil Linrung, serta mantan Anggota Komisi II Djamal Aziz. Ada pula mantan Anggota Banggar Agun Gunandjar Sudarsa yang kini merupakan Ketua Pansus Hak Angket di DPR.

Selain kelimanya, seorang dari unsur swasta yang dipanggil adalah Deniarto Suhartono. Mereka dipanggil sebagai saksi tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong.

"Keenam saksi dipanggil untuk diminta keterangan terkait kasus e-KTP dengan tersangka AA (Andi Agustinus)," terang Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Kamis (6/7/2017).


Pagi tadi sekitar pukul 09.09 WIB Melchias Marcus Mekeng Memenuhi panggilan dengan datang ke Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Namun ia enggan memberi komentar terkait pemanggilannya itu.

"Apa nih, mau foto-foto," kilah Mekeng saat dimintai konfirmasi oleh wartawan. Dia pun langsung masuk ke dalam gedung KPK.


Dalam surat tuntutan jaksa dengan terdakwa Irman dan Sugiharto, kelima saksi dari unsur DPR disebut menerima aliran duit haram dari e-KTP. Rinciannya antara lain: Marzuki Alie Rp 20 miliar; Agun Gunandjar Sudarsa USD 1 juta; Melcias Markus Mekeng USD 1,4 juta; Tamsil Linrung USD 700 ribu; dan Djamal Aziz USD 37 ribu.

Deniarto Suhartono sebelumnya sudah pernah diperiksa penyidik sebagai pendalaman kaitan yang bersangkutan dengan salah satu perusahaan yang mengikuti tender e-KTP, yaitu PT Murakabi. Deniarto juga dikonfirmasi soal kepemilikan perusahaan tersebut.
(nif/elz)
FOKUS BERITA: Sidang Lanjutan e-KTP
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed