DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 12:26 WIB

DPR-Pemerintah Rapat Tertutup Bahas Hasil Lobi RUU Pemilu

Andhika Prasetia - detikNews
DPR-Pemerintah Rapat Tertutup Bahas Hasil Lobi RUU Pemilu Rapat Pansus RUU Pemilu pada Senin (19/6) / Foto: Andhika Prasetia/detikcom
FOKUS BERITA: 5 Isu Krusial UU Pemilu
Jakarta - Panitia khusus (Pansus) RUU Pemilu dan pemerintah menggelar rapat pengambilan keputusan isu krusial RUU Pemilu. Rapat diawali dengan penyampaian hasil lobi isu krusial RUU Pemilu secara tertutup.

Rapat digelar di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017) dipimpin oleh Wakil ketua Pansus RUU Pemilu Ahmad Riza Patria didampingi Yandri Susanto dan Benny K Harman. Perwakilan pemerintah yang hadir di antaranya Mendagri Tjahjo Kumolo. KPU, Bawaslu, dan DKPP turut hadir dalam rapat.

"Saran pertama tertutup terbatas, hanya pemerintah dan pansus yang menyampaikan. Nanti akan disampaikan di forum terbuka atau sebaliknya," ujar Riza membuka rapat.

Rapat Pansus RUU Pemilu pada Senin (19/6) / Rapat Pansus RUU Pemilu pada Senin (19/6) / Foto: Andhika Prasetia/detikcom


Tidak ada penolakan dari fraksi yang hadir dalam rapat. Sebelum rapat digelar tertutup, Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan KPU sudah menyiapkan 2 draf PKPU.

"Kami buat 2 berdasarkan UU lama dan perkembangan revisi UU. Nanti kami konsultasikan dengan DPR. Kalau pakai UU lama kita siap, pakai UU lama kita siap karena 5 poin krusial yang terakhir dibahas tidak mempengaruhi jadwal, hanya sistem. Maka draf itu tidak bergeser terlalu jauh," kata Arief.



Usai penyampaian pendapat, Riza mengetuk palu menggelar rapat secara tertutup. Anggota Pansus dan DPR berpindah tempat untuk menyampaikan hasil lobi.

Rapat Pansus RUU Pemilu pada Senin (19/6) / Rapat Pansus RUU Pemilu pada Senin (19/6) / Foto: Andhika Prasetia/detikcom


Seperti diketahui, ada 5 isu krusial yang belum diambil keputusan. Ada pun sejumlah isu krusial yang belum diketuk yaitu sistem Pemilu, presidential threshold, parliamentary threshold, district magnitude, dan metode konversi suara.
(dkp/imk)
FOKUS BERITA: 5 Isu Krusial UU Pemilu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed