Panglima TNI: Ada 16 Lokasi Sel ISIS di Indonesia

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 15 Jun 2017 15:51 WIB
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di DPR RI, Kamis (15/6/2017). (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan saat ini sel ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) sudah menyebar di Indonesia. Ada 16 lokasi sel ISIS di Indonesia.

"Nah, di Indonesia ada sekitar 16 tempat itu tempat ISIS juga, sudah bergabung dengan kita (Indonesia), nggak bisa dibedakan. Nah, kalau kita tidak segera tutup pelarian ISIS ke Indonesia, sangat berbahaya," kata Gatot di gedung DPR, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2017).

Namun Gatot tidak memerinci secara detail ke-16 lokasi sel ISIS di Indonesia. "Contohnya daerah NTB Bima, Jateng ada, Jatim ada, kan ada itu," lanjutnya.

Gatot mengatakan saat ini sel-sel tersebut sedang 'tidur'. Tanda-tanda mereka bangkit adalah ketika melakukan aksi teror di Indonesia.

"Sel-selnya tidur. Dengan adanya bom, artinya mereka ISIS, kan? Sepakat, kan? Tinggal kapan bangunnya, kalau ada kejadian mereka bangun," papar Gatot.

TNI juga menegaskan berkomitmen mencegah pasukan ISIS yang berada di Filipina masuk ke Indonesia. Gatot telah memerintahkan jajarannya menggalakkan operasi keamanan laut.

"TNI sudah melakukan kegiatan-kegiatan, mulai pulau terdekat, Marore, Miangas, jadi pelarian ke Tarakan kita tutup, pelarian ke arah Bitung lewat Marore, Miangas, Talaud kita tutup. Menuju Maluku Utara juga kita tutup dengan operasi udara, patroli udara dan laut," urai Gatot. (dkp/erd)