DetikNews
2017/06/15 13:17:54 WIB

Menanti Gebrakan Djarot Selama 4 Bulan Jadi Gubernur DKI

Elza Astari Retaduari - detikNews
Halaman 1 dari 5
Menanti Gebrakan Djarot Selama 4 Bulan Jadi Gubernur DKI Presiden Jokowi melantik Djarot sebagai Gubernur DKI. (Bagus Prihantoro/detikcom)
Jakarta - Djarot Saiful Hidayat resmi menjadi Gubernur DKI menggantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang mundur karena harus menjalani masa penahanan. Djarot hanya memiliki kurang-lebih 4 bulan sampai masa kerjanya habis Oktober nanti.

Sebelum dilantik menjadi Gubernur DKI oleh Presiden Joko Widodo pagi ini, Kamis (15/6/2017), Djarot diangkat menjadi Plt Gubernur DKI setelah Ahok resmi ditahan. Penyerahan surat penugasan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo dilakukan pada hari yang sama saat Ahok divonis 2 tahun penjara, Selasa (9/5).

Penyerahan tugas itu dilakukan di Balai Kota DKI. Tak tampak senyum di wajah Djarot meski posisinya naik dari jabatan Wagub. Kesedihan terlihat jelas dari wajah Djarot menyusul penahanan Ahok.

[Gambas:Video 20detik]


Pada hari perdananya menggantikan Ahok, Rabu (10/5), Djarot tampak menangis di hadapan pendukungnya dan Ahok di Balai Kota DKI. Hari itu, di Balai Kota digelar aksi simpatik yang digadang oleh musisi Addie MS sebagai bentuk dukungan untuk Ahok. Ribuan warga menyanyikan lagu nasional dengan lantang.

Djarot berjanji akan tetap menjalankan rutinitas Ahok yang mendengarkan keluhan warga sebelum masuk ke kantornya. Namun Djarot menerapkan sistem baru dengan cara cluster. Selain demi suasana yang lebih tertib, ia mengakui cara cluster memudahkannya menangani masalah warga. Djarot mengaku bisa lebih berkonsentrasi karena tidak menerima aduan dari segala permasalahan sekaligus.

"Kita gunakan per bidang yang selama ini banyak masuk ke DKI yang selama ini ditangani Pak Ahok, sehingga dengan cara seperti ini bisa lebih tertib, lebih enak, dan kami juga bisa berkonsentrasi, saya tentunya, tidak campur-campur," ungkap Djarot, Jumat (12/5).

Meski Djarot harus memimpin DKI sendiri, ia mengaku tak seorang diri. Beberapa kali dia datang untuk menjenguk Ahok sekaligus untuk berdiskusi. Ahok berpesan kepada Djarot untuk meningkatkan pelayanan kepada warga. Itulah yang dilakukannya sejak menjabat Plt Gubernur.

"(Ahok) pesan supaya pelayanan yang kita kerjakan selama ini harus tetap baik, bisa meningkat. Itu saja," ujar Djarot, Selasa (9/5).

Ada beberapa hal yang menjadi prioritas Djarot dalam tugasnya sejak menggantikan Ahok. Salah satu yang menjadi perhatian Djarot adalah masalah rusun. Dia mengatakan segera menyiapkan rusun dengan sistem undi bagi warga yang tidak mampu.

Djarot saat tinjau rusun pasar rumbutDjarot saat meninjau Rusun Pasar Rumput. (Nathania/detikcom)

"Tadi disampaikan ini sudah didata rusun-rusun yang masih kosong dan kan ada pengaduan mereka belum dapat rusun nanti akan segera kami urus dan mereka yang berhak akan diundi secara transparan," kata Djarot di hari yang sama.

Djarot merealisasi pesan Ahok agar memindahkan warga ke rusun. Sedikitnya 1.600 unit di 6 rusun akan diundi Djarot untuk warga Jakarta. Rusun yang kosong ada di Semper, Cakung Barat, Marunda, Rawa Bebek, KS Tubun, dan Jalan Bekasi Km 2.

Fokus kedua yang menjadi perhatian Djarot adalah penyelesaian proyek-proyek strategis yang telah direncanakan sebelumnya. Djarot memastikan peresmian koridor 13 TransJakarta dan proyek Simpang Susun Semanggi tetap sesuai target. Koridor TransJ direncanakan diresmikan pada peringatan HUT Jakarta pada 22 Juni mendatang.


"Masih ada beberapa infrastruktur katanya yang masih belum siap tapi tetap diuji coba dan diusahakan tanggal 22 tetap di-launching," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (12/6).

Sementara itu, Simpang Susun Semanggi ditargetkan diresmikan pada 17 Agustus 2017 oleh Presiden Joko Widodo. Sebelum dibuka, akan ada uji coba di Simpang Susun Semanggi pada Juli nanti. Ini sekaligus pembukaan jalur (open traffic).

"Permanennya itu nanti bulan 17 Agustus, karena yang meresmikan direncanakan Presiden," sebut Djarot, (8/6).

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed