Dewan Transportasi Nilai Koridor 13 TransJ Masih Perlu Perbaikan

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 12 Jun 2017 17:10 WIB
Halte CSW di Koridor 13 TransJakarta (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Pihak PT TransJakarta berencana melakukan uji coba di Koridor 13 Tendean-Ciledug dalam waktu dekat. Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) meninjau beberapa aspek pembangunan pada koridor ini.

"Sebelum dioperasikan, harus dipastikan kelengkapan infrastruktur keselamatan untuk penanganan kejadian kecelakaan, kebakaran, evakuasi, dan lainnya. Karena ini jadi fokus DTKJ dan stakeholder lainnya," kata Ketua DTKJ Iskandar Abu Bakar saat ditemui di Halte Centrale Stichting Wederopbouw (CSW), Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (12/6/2017).

Selain Iskandar, ada tujuh anggota DTKJ yang ikut meninjau koridor yang memiliki 12 halte ini. Peninjauan dimulai dari Halte CSW hingga Halte Adam Malik di Jalan Ciledug Raya, Pesanggrahan, Jaksel.
Penampakan Halte CSW di Koridor 13Penampakan Halte CSW di Koridor 13. (Dwi Andayani/detikcom)

Peninjauan dilakukan dari pukul 14.10 hingga 15.52 WIB. Berdasarkan hasil peninjauan tersebut, didapatkan beberapa catatan.

"Konstruksinya sudah lebih baik meskipun ada beberapa yang mesti diperbaiki. Tapi di sekitar Pasar Cipulir so far sudah bisa kita lalui dengan lancar. Lampu jalan memang belum terpasang, nanti semestinya dipasang," ujar dia.

Setelah peninjauan ini, rencananya DTKJ akan menyampaikan analisisnya kembali. Sebab, masih ada kekurangan di beberapa sisi di koridor yang berada di jalan layang ini.

Baca juga: TransJ Batalkan Uji Coba Koridor 13, Kadishub Kecewa

Sebelumnya diberitakan, uji coba pengoperasian TransJ Koridor 13 rencananya dilakukan pada 12 Juni 2017. Koridor 13 diharapkan dapat diluncurkan tepat pada HUT DKI Jakarta pada 22 Juni 2017.

"Dari hasil pemeriksaan pada 12 halte di koridor 13 rute Ciledug-Tendean, masih perlu pembenahan sehingga kami memutuskan menunda uji coba melayani pelanggan," kata Direktur Utama PT TransJ Budi Kaliwono dalam keterangan tertulis, Senin (12/6). (jbr/dhn)