DetikNews
Senin 12 Juni 2017, 13:49 WIB

Uji Coba Koridor 13 TransJakarta Tendean-Ciledug Ditunda

Bisma Alief Laksana - detikNews
Uji Coba Koridor 13 TransJakarta Tendean-Ciledug Ditunda Dirut PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono minta maaf uji coba pengoperasian koridor 13 batal hari ini. (Heldania Ultri Lubis/detikcom)
Jakarta - Sedikitnya 12 halte TransJakarta koridor 13 masih harus dibenahi. Dirut PT TransJakarta Budi Kaliwono minta maaf menunda uji coba pengoperasian TransJ rute Ciledug-Tendean hari ini.

Uji coba pengoperasian TransJ koridor 13 untuk melayani pelanggan ini sejatinya akan dilakukan pada 12 Juni 2017. Koridor 13 diharapkan dapat di-launching tepat pada HUT DKI Jakarta pada 22 Juni 2017.

"Dari hasil pemeriksaan pada 12 halte di koridor 13 rute Ciledug-Tendean, masih perlu pembenahan sehingga kami memutuskan menunda uji coba melayani pelanggan," kata Budi dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (12/6/2017).



Menurut Budi, sejumlah kekurangan masih ditemukan pada halte-halte di koridor 13, seperti di Halte CSW, Halte Cipulir, Halte Swadarma, dan Halte Adam Malik, belum terpasang pintu yang memenuhi standar pelayanan TransJakarta. Alasan lain adalah posisi loket di halte yang harus diubah karena salah posisi.

"Lubang loket kasir seharusnya lurus dengan arah arus pelanggan datang, bukan di samping sehingga pelanggan yang bertransaksi tidak mengganggu antrean. Kami meminta maaf kepada masyarakat DKI Jakarta maupun Tangerang yang sudah mengharapkan pengoperasian koridor 13 dalam waktu dekat," ujar dia.



Menurut dia, pengoperasian TransJ, yang rencananya akan di-launching pada 22 Juni, juga terancam ditunda karena masih banyak infrastruktur yang harus dibenahi. "Bila memang belum siap, kami akan menunda pengoperasian koridor 13," kata Budi.

Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sebelumnya tetap berharap agar koridor 13 TransJakarta bisa diresmikan dan mulai beroperasi pada 22 Juni. "Masih ada beberapa infrastruktur katanya yang masih belum siap tapi tetap diuji coba dan diusahakan tanggal 22 tetap di-launching," ujar Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.
(bis/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed