DetikNews
Senin 29 Mei 2017, 14:28 WIB

Polisi Nikahkan Kekasih Tersangka Pembuang Bayi di Tangsel

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Polisi Nikahkan Kekasih Tersangka Pembuang Bayi di Tangsel Pasangan Aina dan Yudha dinikahkan, Senin (29/5/2017). Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom
Jakarta - Pasangan kekasih yang membuang bayi di Tangerang Selatan dinikahkan polisi. Wanita bernama Aina (20) dan kekasihnya, Yudha (21), saat ini berstatus tahanan.

Pernikahan dilangsungkan di Masjid An-Nur, Jalan Letnan Sutopo, Serpong, Tangsel. Akad nikah itu dihadiri jajaran Polres Tangsel dan kerabat kedua mempelai.

Akad nikah dimulai sekitar pukul 12.30 WIB dan selesai sekitar 30 menit kemudian. Pasangan itu terlihat tertunduk di hadapan penghulu sebelum ijab-kabul dilakukan. Pembacaan ijab-kabul pun berlangsung cepat.

"Pernikahan ini bentuk fungsi aparat kepolisian yang bukan hanya sebagai aparat penegak hukum, akan tetapi juga sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Walaupun tersangka, mereka tetap memiliki hak lain yang tidak dikekang menurut hukum, seperti melangsungkan pernikahan," kata Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Alexander Yurikho, Senin (29/5/2017).

 Pasangan Aina dan Yudha dinikahkan, Senin (29/5/2017) Pasangan Aina dan Yudha dinikahkan, Senin (29/5/2017) Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom


Pernikahan kedua tersangka itu, sambung Alexander, juga berkaitan dengan status mereka sebagai pasangan. Selain itu, pernikahan ini membuat tanggung jawab terhadap anak menjadi lebih jelas.

"Pernikahan ini erat kaitannya dengan kesejahteraan anak hasil proses hubungan antarpribadi yang belum resmi secara agama maupun negara. Dengan menikah, pertanggungjawaban tumbuh kembang anak akan secara jelas melekat kepada kedua orang tuanya," ucapnya.

Penangkapan keduanya berawal pada Selasa (9/5) sekitar pukul 02.30 WIB, saat Aina dan Yudha mendatangi RS Buah Hati Ciputat, Tangsel, dan menyerahkan bayi yang baru lahir.

Kepada pihak rumah sakit, Aina mengaku menemukan bayi tersebut di sebuah kantong kresek saat melintas di Jl Viktor, Buaran, Serpong, Tangsel.

Di Polsek Ciputat, Aina diinterogasi. Sewaktu pemeriksaan, polisi melihat kejanggalan pada Aina karena keterangannya yang tidak meyakinkan dan postur tubuhnya yang berbeda.

 Pasangan Aina dan Yudha dinikahkan, Senin (29/5/2017) Pasangan Aina dan Yudha dinikahkan, Senin (29/5/2017). Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom


Polisi kemudian memeriksa kondisi Aina ke Puskesmas Rawabuntu, yang dibantu bidan jaga. Dari hasil pemeriksaan, terdapat luka robek pada vagina Aina dan bentuk perut setelah melahirkan.

Aina pun tidak bisa berbohong lagi. Dia akhirnya mengakui bayi yang 'ditemukan'-nya itu adalah bayi yang dia lahirkan sendiri dari rahimnya.
(abw/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed