Jakarta Punya 3 Gubernur dalam 5 Tahun

Indah Mutiara Kami - detikNews
Rabu, 24 Mei 2017 17:47 WIB
Jokowi, Ahok, dan Djarot / Foto: Dokumentasi Detikcom
Jakarta - Terdakwa penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengajukan pengunduran dirinya dari posisi Gubernur DKI Jakarta dan posisinya akan digantikan oleh Djarot Saiful Hidayat. Dengan demikian, Djarot akan menjadi gubernur ketiga di Jakarta dalam kurun waktu 5 tahun.

Joko Widodo merupakan Gubernur DKI periode 2012-2017 yang pertama. Menang Pilgub DKI 2012, Jokowi yang berpasangan dengan Ahok dilantik pada 15 Oktober 2012 silam.



Pada tahun 2014, Jokowi diusung maju di Pilpres. Selama kampanye Pilpres 2014, Jokowi cuti dan Ahok lalu duduk sebagai Plt Gubernur DKI sejak 16 Oktober 2014.

Ahok menjadi Gubernur DKI kedua di kurun waktu 2012-2017 setelah dilantik pada 19 November 2014. Dia didampingi mantan Walikota Blitar, Djarot Saiful Hidayat sebagai wakil gubernur.

Di Pilgub DKI 2017, Ahok dan Djarot maju berdua untuk kembali menjadi gubernur dan wakil gubernur. Selama masa kampanye, keduanya sempat cuti dua kali di dua putaran Pilgub DKI dan posisi Plt Gubernur DKI diisi oleh Sumarsono yang merupakan Dirjen Otda.



Niat Ahok-Djarot untuk kembali memimpin Jakarta kandas setelah dikalahkan oleh Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilgub DKI. Dinamika kasus penodaan agama kemudian berjung pada vonis 2 tahun penjara untuk Ahok akibat pidatonya di Kepulauan Seribu.

Setelah Ahok ditahan, Djarot kemudian ditunjuk menjadi Plt Gubernur DKI. Setelah 2 pekan di dalam tahanan, Ahok mengambil sejumlah keputusan penting. Yang pertama, Ahok mencabut keputusan banding dan yang kedua, dia mengajukan surat pengunduran diri dari posisi Gubernur DKI.



Dengan demikian, Djarot akan menjadi Gubernur DKI yang ketiga dalam kurun waktu 2012-2017. Pelantikan Djarot masih menunggu proses pemberhentian Ahok secara resmi.

"Ahok perlu segera diberhentikan tetap dan Djarot menggantikan sebagai gubernur definitif," kata Mendagri Tjahjo Kumolo dalam keterangannya, Rabu (24/5/2017).

(imk/fjp)