DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 18:16 WIB

Pemprov DKI Gelar 'Malam 1.000 Cahaya', Begini Penjelasan Djarot

Nathania Riris Michico - detikNews
Pemprov DKI Gelar Malam 1.000 Cahaya, Begini Penjelasan Djarot Foto: Nathania Riris Michicco/detikcom
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Jakarta - Pemprov DKI menggelar acara bertajuk 'Malam 1.000 Cahaya' untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Plt Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat menjelaskan isi acara itu.

Acara tersebut akan digelar di Makam Mbah Priok, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (20/5/2017). Tema besar acara ini adalah Indonesia Bangkit.

Djarot menjelaskan tema Indonesia Bangkit dipilih karena bisa merangkul semua elemen masyarakat sekaligus untuk menyadarkan bahwa melalui seni budaya bisa membangkitkan dan menyatukan. Tujuan tersebut dikemas dalam konser musik di Waduk Pluit dan kemudian dilanjutkan dengan doa lintas agama ini.

Ada isu bahwa acara tersebut digelar khusus untuk Ahok, namun Djarot menepisnya. Dia menegaskan acara salawat dan doa lintas agama ini bukan hanya untuk Ahok, namun seluruh warga Indonesia.

"Ini nanti upacara dulu baru konsep, makanya temanya Indonesia Bangkit. Itu bukan hanya untuk Pak Ahok saja, tapi juga untuk seluruh warga bangsa," kata Djarot di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017).

Soal penggunaan seribu lilin yang rencananya akan memeriahkan acara, Djarot menyebut hal itu sebagai bentuk antusiasme warga dengan makna memberi cahaya. Dia kembali menampik adanya lilin karena identik dengan aksi-aksi untuk Ahok.

"Nggak, nggak, itu kan antusiasme dari warga untuk menerangi, memberikan cahaya. Supaya kita diberikan cahaya dan kita bersatu," terangnya.

"Makanya saya minta jangan lah kita selalu berpikiran negatif, jangan suudzon dulu. Mari kita ambil yang positif, niatnya apa, itu saja. Kita ingin menyatukan semuanya, semua lintas agama akan berdoa di Makam Mbah Priok," tutupnya.
(nth/tor)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed