DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 16:28 WIB

Ini Alasan Djarot Gelar Konser Musik dan Doa Saat Harkitnas Besok

Nathania Riris Michico - detikNews
Ini Alasan Djarot Gelar Konser Musik dan Doa Saat Harkitnas Besok Djarot Saiful Hidayat (Nathania Riris Michicco/detikcom)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Jakarta - Konser musik hingga acara doa 'Malam 1000 Cahaya' menjadi bagian dari rangkaian acara Hari Kebangkitan Nasional besok, 20 Mei. Acara ini akan diawali upacara yang diikuti seluruh pegawai Pemprov DKI Jakarta dan komponen masyarakat di Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

"Harkitnas pagi upacara, upacara yang melibatkan seluruh pegawai Pemprov, termasuk beberapa komponen masyarakat, nuansanya merah-putih yang masyarakat, dan dari pemerintah tetap pakai baju dinas," kata Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017).

Djarot lantas mengingatkan sejarah pada 1908 yang menjadi momen kebangkitan nasional, yaitu mulai tumbuhnya kesadaran warga Indonesia menjadi satu. Semangat nasionalisme dan kesatuan terus tumbuh sejak 1908 dan makin berproses hingga momen Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

"Kita tahu bahwa 1908 Kebangkitan Nasional, itu kan tumbuhnya kesadaran, kesadaran warga Indonesia jadi satu, nasionalisme Indonesia tumbuh 1908. Itu berproses terus ya, sampai dengan 28 Oktober Sumpah Pemuda," ujarnya.

Makna Harkitnas sebagai momen sejarah nasionalisme yang penting inilah yang menjadi alasan Djarot membuat serangkaian acara besok.

"Jadi tahun 1908, menurut saya, adalah momentum yang penting, 1908 masih realisasi, kenapa, karena kita masih terus berproses dan terus-menerus berproses yang disebut dengan Bung Karno dengan nation and character building," tutur Djarot.

Kembali ke rangkaian acara Harkitnas, acara akan dilanjutkan dengan konser yang diadakan di Waduk Pluit, Jakarta Utara, pukul 14.00 WIB.

Konser Musik Kebangkitan Nasional ini akan diisi sejumlah artis dan musisi, antara lain Giring 'Nidji', Erwin Gutawa, Addie MS, Maia Estianty, Luna Maya, Once Mekel, Tompi, dan Carlo Saba.

Setelah itu, puncak acara akan diadakan di kawasan cagar budaya Makam Mbah Priok (Habib Hasa-Haddad), Koja, Jakarta Utara.

Acara bertajuk 'Malam 1000 Cahaya' ini akan dimulai pukul 18.30 WIB dan diisi dengan selawat serta doa lintas agama untuk Indonesia Bangkit.
(nth/fdn)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed