Iqbal Napi 'Kolor Ijo' Pembunuh Wanita Tewas Tertembak Polisi

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Jumat, 19 Mei 2017 09:01 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Pelarian Iqbal alias Bala (32), terpidana mati kasus pemerkosaan dan pembunuhan yang kabur dari Lapas Kelas I Makassar berakhir. Pria yang dijuluki 'Si Kolor Ijo' ini terpaksa ditembak polisi karena melawan saat disergap di hutan di Sulawesi Selatan.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani mengungkapkan Iqbal melarikan diri dari Lapas pada Minggu 7 Mei 2017. Iqbal dilumpuhkan karena mencoba melawan menggunakan parang saat dikepung tim gabungan Polrestabes Makassar dan Polsek Mangkutana di dalam hutan kawasan Mangkutana, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Kamis 18 Mei 2017 siang.

"Napi Iqbal dua kali berusaha disergap. Penyergapan pertama pada Rabu pagi dia berhasil lolos meskipun sempat tertembak, lalu di hari kedua, tim kembali mengepung lokasi persembunyiannya karena berupaya menyerang petugas terpaksa diambil tindakan tegas, Iqbal tewas tertembak di dadanya," tutur Dicky.

Menurut Dicky, jenazah Iqbal sempat dibawa ke RSUD Lagaligo, Luwu Timur. Selanjutnya, kata dia, jenazah Iqbal akan dibawa ke RS Bhayangkara, Makassar.

Dicky mengatakan polisi hingga kini masih memburu terpidana hukuman seumur hidup, Asrul, yang sebelumnya kabur bersama Iqbal dengan cara menggergaji jeruji besi. Asrul diperkirakan masih berada di sekitar hutan Mangkutana. (mna/aan)