DetikNews
Kamis 18 Mei 2017, 18:18 WIB

Sidang Korupsi E-KTP

Saksi Jelaskan soal Rp 1,5 Miliar yang Dipinjam Gamawan Fauzi

Rina Atriana - detikNews
Saksi Jelaskan soal Rp 1,5 Miliar yang Dipinjam Gamawan Fauzi Sidang perkara dugaan korupsi e-KTP, Kamis (18/5/2017) Foto: Hasan Alhabshy/detikcoom
Jakarta - Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam persidangan e-KTP pernah menyampaikan soal uang pinjaman Rp 1,5 miliar yang didapat dari seorang pengusaha bernama Afdal Noverman. Kali ini, giliran Afdal mengonfirmasi pinjaman tersebut.

Afdal menjelaskan, pertama-tama Gamawan meminjam uang Rp 1 miliar untuk membeli sebidang tanah di Bogor. Afdal kemudian meminta dikembalikan Rp 1,1 miliar.

"Persis bulannya saya tidak ingat, sekitar 2013, mengajak saya untuk membeli tanah, Pak Gamawan kebetulan uangnya juga kurang, akhirnya meminjam kepada saya. Asalnya dari uang pribadi saya," kata Afdal saat bersaksi dalam sidang kasus e-KTP di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

Afdal mengungkapkan uang Rp 1 miliar yang dipinjamkan kepada Gamawan awalnya disimpan di brankas di ruko di Grand Wijaya. Ruko tersebut merupakan milik adik Gamawan, Azmin Aulia. Kebetulan Afdal juga berkantor di kawasan tersebut.

"Saya minta dilebihi Rp 100 juta (kepada Gamawan). Dibayarnya secara cash bertahap," ujar Afdal.

Baca juga: Adik Eks Mendagri Gamawan Fauzi Bersaksi di Sidang e-KTP

Selain itu, Gamawan meminjam 2 kali lagi kepada Afdal. Pinjaman kedua Rp 200 juta untuk berobat dan pinjaman ketiga sebesar Rp 300 juta untuk usaha ternak.

"Apakah pernah Pak Gamawan meminta untuk berobat?" tanya jaksa Abdul Basir.

"Iya pernah. April 2014 kalau nggak salah," jawab Afdal.

Menurut Afdal, Gamawan membayar pinjaman tersebut tak lebih dari sebulan kemudian.

"Bukan meminjam, saya tawarin sementara, sekitar sebulan. Baru setelah itu dikembalikan oleh Pak Gamawan," ungkap Afdal.

Baca juga: Pengakuan Gamawan soal Pinjaman Rp 1,5 M dari Pedagang Tanah Abang

Pinjaman ketiga untuk usaha ternak diterima Gamawan dari Afdal sekitar akhir 2015. Awalnya Afdal ingin ikut usaha tersebut, namun dia ada keperluan lain sehingga hanya meminjamkannya kepada Gamawan.

"Pak Gamawan waktu itu ada mau usaha peternakan sapi. Saya ikut. Rp 300 juta. Tadinya saya mau ikut andil, tapi karena saya butuh untuk di tekstil saya, akhirnya saya pinjamkan," tutur Afdal. Uang Rp 300 juta itu pun telah dikembalikan oleh Gamawan.
(rna/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed