DetikNews
Kamis 18 Mei 2017, 17:17 WIB

Selang 1 Jam Ditertibkan, PKL Tanah Abang Kembali Lagi ke Jalan

Fitang Budhi Adhitia - detikNews
Selang 1 Jam Ditertibkan, PKL Tanah Abang Kembali Lagi ke Jalan Foto: Selang satu jam ditertibkan PKL Tanah Abang kembali lagi ke jalan/Fitang-detikcom
Jakarta - Meski sudah ditertibkan, para pedagang kaki lima (PKL) di Tanah Abang, Jakarta Pusat, masih bersikeras kembali ke lapak mereka. Hanya satu jam berselang setelah diusir petugas Satpol PP mereka sudah kembali lagi memadati jalan di sekitar Tanah Abang.

Pantuan di Blok A Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017), sekitar pukul 16.00 WIB para pedagang makanan kembali menggelar lapak mereka. Padahal baru pukul 15.00 WIB, petugas Satpol PP selesai melakukan penertiban.

Selang 1 Jam Ditertibkan, PKL Tanah Abang Kembali Lagi ke JalanFoto: Selang satu jam ditertibkan PKL Tanah Abang kembali lagi ke jalan/Fitang-detikcom

Para PKL aneka makanan dan minuman itu menggelar lapak mereka di tepi jalan sekitar Tanah Abang. Padahal lalu lintas di lokasi juga macet.

"Waktu diusir ya kabur, jalan sedikit ke depan Metro yang gampang aja. Sambil lihat Pol PP masih ada apa enggak. Kalau sudah enggak ada ya balik lagi," ujar pedagang mie ayam bernama Dadang.

Kepala Seksi Penyidik PNS dan Penindakan Satpol PP Jakarta Pusat Santoso sebelumnya mengatakan penertiban itu biasa dilakukan agar mengurangi kemacetan. Santoso menyoroti kebiasaan dan perilaku warga yang mau seenaknya sendiri menjadi alasan kemacetan.

"Yang bikin macet adalah attitude manusia di sini. Habit karena menyeberang, orang mau seeenaknya sendiri, nyebrang sembarangan, membawa dagangan semuanya kalau orang selesai belanja nyebrang cepet-cepet ini faktor yang bikin kemacetan," kata Santoso.

"Infrastruktur di sini enggak ada, jembatan penyeberangan orang (JPO) dan waktu itu ada lift penghubung antara Metro dengan blok A. Jalanan itu ditutup, disekat, dan itu sempat orang nggak ada lewat situ. Tapi setelah itu enggak ada lagi orang balik lewat jalan ini lagi," ucapnya.

Selang 1 Jam Ditertibkan, PKL Tanah Abang Kembali Lagi ke JalanFoto: Selang satu jam ditertibkan PKL Tanah Abang kembali lagi ke jalan/Fitang-detikcom

Sebelumnya diberitakan, petugas Satpol PP menertibkan para PKL di Tanah Abang. Mereka diimbau agar tidak berjualan di trotoar atau bahu jalan.

Petugas Satpol PP tidak melakukan penyitaan. Petugas hanya memberikan imbauan.
(ams/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed