DetikNews
Rabu 17 Mei 2017, 07:42 WIB

Fraksi PAN Masih Konsisten Tak Kirim Wakil di Pansus Angket KPK

Elza Astari Retaduari - detikNews
Fraksi PAN Masih Konsisten Tak Kirim Wakil di Pansus Angket KPK Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta - Berubah sikap, Fraksi Gerindra dan Golkar memutuskan akan mengirim wakil di panitia khusus hak angket KPK. Fraksi PAN masih konsisten tidak mengirim wakil sebagai perwujudan dari penolakan hak angket yang telah disahkan DPR.

"Sampai detik ini belum ada perubahan atau instruksi apa-apa terkait keputusan partai dan fraksi kepada seluruh anggotanya, karena sudah diputuskan di rapat harian partai. Masih merujuk pada keputusan partai untuk menolak hak angket," ungkap Waketum PAN Taufik Kurniawan saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (17/5/2017).

Taufik pun menyebut masalah hak angket yang digulirkan karena KPK menolak membuka rekaman pemeriksaan Miryam Haryani dalam kasus e-KTP itu sudah cukup melelahkan. Karena itu, saat ini hanya konsistensi fraksi-fraksi di DPR-lah yang perlu dijadikan rujukan.

"Tinggal pada konsistensi fraksi-fraksi untuk menyampaikan sikap resminya kepada pimpinan DPR melalui kesekjenan. Itu nanti akan kita bahas di rapat pengganti Bamus, terkait nama-nama yang jadi tidaknya dikirimkan. Biarkan masyarakat yang menilai," tutur Taufik.

Wakil Ketua DPR ini pun mengaku masih menunggu sikap resmi dari fraksi-fraksi di Dewan. Namun sebagai bagian dari Fraksi PAN, kata Taufik, dia masih konsisten sesuai dengan garis partai seperti yang sebelumnya sudah disampaikan Ketum PAN Zulkifli Hasan.


"Saya sebagai salah satu pimpinan menunggu konkretnya, sikap dari tindak lanjut. Kalau PAN sudah jelas, sudah disampaikan Ketum, oleh fraksi juga. Artinya, sebagai bagian dari Fraksi PAN, saya taat pada keputusan partai, tinggal gimana kita mengharapkan fraksi segera menyampaikan sikap resminya," urai dia.

"Sepanjang belum ada perubahan sikap, saya tetap laksanakan itu," tambah Taufik.

Selain PAN, Fraksi PKB sudah menyatakan konsisten tidak akan mengirim perwakilan ke pansus hak angket KPK. Sejauh ini, hanya tinggal lima partai yang masih pada sikapnya tidak mengirimkan perwakilan.


Gerindra sebelumnya dengan tegas mengatakan tak akan mengirim perwakilan untuk pansus hak angket KPK yang telah disahkan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dengan ketokan palunya. Selain Gerindra, fraksi yang mengubah sikap ialah Golkar. Setelah mengirim surat penolakan mengirim wakil di pansus angket KPK, Golkar menarik kembali surat tersebut.

"Setelah dikaji dan disepakati bersama, ternyata pansus bisa jalan terus tanpa lengkap. Dengan sikon (situasi dan kondisi) ini, bisa jadi kerugian kami jika kami tidak kirim utusan," ujar jubir Fraksi Gerindra Sodik Mudjahid melalui pesan singkat, Selasa (16/5).
(elz/aud)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed