Fadli Zon: Peran Prabowo dalam Pencalonan Anies Paling Dominan

ADVERTISEMENT

Fadli Zon: Peran Prabowo dalam Pencalonan Anies Paling Dominan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 05 Mei 2017 12:01 WIB
Prabowo bersama Anies dan Sohibul Iman / Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Waketum Gerindra, Fadli Zon tak terima anggapan buka-bukaan peran Jusuf Kalla (JK) soal pencalonan Anies Baswedan dalam kontestasi Pilkada DKI untuk menunjukkan peran Prabowo tak terlalu dominan. Menurut Fadli, Prabowo yang menentukan pengusungan Anies.

"Saya ini saksi hidup bahwa peran Pak Prabowo yang paling menentukan bersama dengan pimpinan PKS. Karena tidak mungkin (Anies) diusung tanpa Gerindra dan PKS," ujar Fadli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (5/5/2017).


Gerindra dan PKS adalah partai pengusung Anies-Sandi. Dua partai itu kemudian melakukan semacam kesepakatan dengan Anies untuk membereskan Jakarta hingga masa jabatan tuntas.

"Jadi yang menentukan itu Prabowo dan Pimpinan PKS, Salim dan Sohibul. Kalau waktu itu mengatakan tidak mengusung, tidak jadi," tegasnya.

Fadli juga mengaku termasuk orang yang meyakinkan Anies untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jakarta. Soal intervensi JK, Fadli berkata hal tersebut wajar diterima koalisi karena saat itu mereka mengharapkan dukungan dari pihak manapun.

"Tapi bahwasanya Pak JK mendukung, ya kita waktu itu mengharapkan dukungan dari mana-mana. Malah tadinya kita mau buat satu front, tapi tidak mungkin karena saudara Agus dan Sylvi sudah mendeklarasikan lebih awal, jadi tinggal pasangan yang diusung PKS dan Gerindra," ungkap dia.

[Gambas:Video 20detik]





Pada akhirnya, pasangan Anies-Sandi memenangkan pertarungan Pilgub DKI. Kemenangan itu, kata Fadli, hasil kerja dari seluruh pihak pendukung. Saat itu, Fadli mengungkapkan bahwa Gerindra-PKS berharap partai pengusung Agus-Sylvi bergabung dalam koalisi.

"Putaran kedua kita berharap kubu Agus juga mendukung. Tapi yang secara resmi hanya PAN. Saya kira itu membantu memenangkan. Jadi semua pihak lah, kita tidak mau ada klaim-klaim," cetusnya.

(gbr/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT