DetikNews
Rabu 03 Mei 2017, 18:53 WIB

JK Dorong Anies ke Prabowo karena Dekat dengan Jokowi

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
JK Dorong Anies ke Prabowo karena Dekat dengan Jokowi Jusuf Kalla (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Ada JK di Balik Anies
Jakarta - Pihak Istana Wapres menyebut peran Jusuf Kalla saat pencalonan Anies Baswedan di Pilgub DKI hanya sebatas konsultasi politik. Dalam konsultasi politik itu, JK memajukan nama Anies Baswedan ke Prabowo Subianto karena dianggap dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Apa yang disampaikan Zulkifli Hasan, bukan tuduhan tapi hal biasa saja dan memang benar. Bahwa Pak JK memberi pertimbangan dengan mendorong nama Anies Baswedan kepada Prabowo. Pertimbangan yang disampaikan Pak JK adalah, mendorong nama Anies Baswedan kepada Prabowo. Karena bagi Pak JK, Anies dekat dengan semua, termasuk dengan Presiden Jokowi," kata juru bicara Wapres JK, Husain Abdullah, kepada detikcom, Rabu (3/5/2017).


Ada beberapa alasan JK mendorong Anies ketika itu. Husain mengatakan Anies adalah juru bicara Jokowi pada Pilpres 2014. Selain itu, Anies merupakan juru bicara Jokowi selama Pilpres 2014.

"Tidak hanya itu, Anies juga bagian dari tim kerja Rumah Transisi setelah Pilpres 2014. Dan yang terakhir adalah Anies pernah menjabat Menteri Pendidikan di Kabinet Kerja Jokowi-JK," ucap Husain.

[Gambas:Video 20detik]



Sebelumnya diberitakan, Zulkifli Hasan blak-blakan tentang peran JK saat partai-partai sedang menentukan cagub-cawagub DKI penantang Ahok-Djarot. Dia menyebut awalnya tidak ada partai yang mau mengusung Anies, namun telepon JK mengubah kondisi itu.

Zulkifli menceritakan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sempat menawarkan Agus dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto menyanggupi tawaran SBY, asalkan Sandiaga diusung sebagai calon gubernur. Sandiaga sempat menemui Zulkifli dan menyatakan kesediaannya maju sebagai cawagub. Tapi ia menginginkan SBY bertemu dengan Prabowo terlebih dahulu.

"Nah saya tahu kalau Pak Prabowo, Pak SBY, ketemu mesti ada jaminan 5 tahun selesai. Kira-kira itu Pak isinya. Sehingga tak jadi ketemu. Sudah putus AHY. Di sini ya sudah Sandi sama Mardani. Jam 12 malam sampai jam 1 pagi itu ada intervensinya Pak JK. Saya kan suka terus terang. Pak JK boleh nggak-ngaku, saya dengar kok teleponnya. Pak JK-lah yang meyakinkan sehingga berubahlah," kata Zulkifli sebelum membuka sosialisasi 4 pilar di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/5).
(fiq/imk)
FOKUS BERITA: Ada JK di Balik Anies
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed