DetikNews
Selasa 04 April 2017, 16:47 WIB

MK Tolak Gugatan Rano Karno, Gubernur Banten Wahidin-Andika

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
MK Tolak Gugatan Rano Karno, Gubernur Banten Wahidin-Andika Gedung MK di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta (ari/detikcom)
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan gugatan Rano Karno-Embay Mulya Syarif. Alhasil, Gubernur Banten terpilih adalah Wahidin Halim-Andika Hazrumy.

"Menolak permohonan pemohon," kata ketua majelis MK Arief Hidayat di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2017)

MK beralasan gugatan tersebut tidak memenuhi syarat Pasal 158 UU Pilkada. Sebab, suara yang diperoleh kedua pasangan terpaut 2,5 persen, sedangkan syarat UU adalah 1,5 persen. Setelah putusan dibacakan, para pendukung Wahidin-Andika bersorak-sorai di depan gedung MK.

Banten menambah daftar sengketa pilkada yang ditolak. Pada Senin (3/4/2017), 22 gugatan diputus dengan vonis 20 perkara ditolak. Hingga saat ini, MK telah membacakan 5 perkara pilkada , 4 ditolak dan satu dikabulkan. Yang dikabulkan adalah sengketa Kabupaten Puncak Jaya, dengan perintah mengadakan pemungutan suara ulang di 6 distrik.

"Memerintahkan KPU Provinsi Papua melakukan pemungutan suara ulang," tutur Arief.
(edo/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed