DetikNews
Jumat 17 Mar 2017, 16:21 WIB

Alasan Patung Macan 'Lucu' Diganti: Tak Cerminkan Kebanggaan Leluhur

Erna Mardiana - detikNews
Alasan Patung Macan Lucu Diganti: Tak Cerminkan Kebanggaan Leluhur Istimewa
Bandung - Berawal dari ramainya pembicaraan di media sosial, patung macan di Koramil 1123 Cisewu, Garut diganti dengan patung yang lebih gagah. Patung yang lama dianggap tidak merepresentasikan budaya leluhur.

"Sementara patung macan yang ada di Koramil Cisewu tidak merepresentasikan simbol kebanggaan warisan leluhur tersebut, maka sesuai perintah dari Pangdam III/Siliwangi maka patung itu diperbaiki dan digantikan dengan Patung Macan yang sesuai," ujar Kapendam III Siliwangi Letkol ARH Desi Ariyanto dalam keterangannya, Jumat (17/3/2017).

Dari foto yang dikirimkan Desi, tampak patung macan dibuat lebih besar dan garang dari sebelumnya. Seringai macan lebih garang bagi yang melihatnya.

Foto Macan yang BaruFoto Macan yang Baru Foto: Istimewa
Menurut Desi, macan yang baru ini menjadi simbol Kodam Siliwangi dipresentasikan sebagai simbol kegagahan, keberanian, sifat ulet, dan pantang menyerah.


Menurut Desi macan bagi prajurit siliwang dan juga warga Jabar merupakan simbol yang diwariskan oleh nenek moyang pada masa lampau yaitu kerajaan Pajajaran dengan rajanya yang bergelar Prabu Siliwangi.

"Berdasarkan sejarah pada saat Prabu Siliwangi memerintah macan atau harimau juga selalu ada di sampingnya," kata dia.

"Patung ini buatan prajurit Kodam III Siliwangi atas nama Kapten Eko Katim PAL Denpal Korem 062," sambung Desi.
(fjp/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed