Eyang Sri, Usia 76 tapi Tetap Semangat Suarakan Hak Perempuan

Hary Lukita Wardani - detikNews
Rabu, 08 Mar 2017 17:05 WIB
Eyang Sri ikut demo Hari Perempuan Internasional (Hary Lukita Wardani/detikcom)
Jakarta - Semangat menyuarakan hak perempuan ternyata tidak hanya datang dari kaum muda. Sri Sulistyawati (76) dari Forum 65 masih kokoh berdiri mengikuti aksi Hari Perempuan Internasional, yang masih berlangsung di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Dia mengatakan akan terus memperjuangkan hak perempuan dan memerangi kekerasan terhadap perempuan. Meski untuk berdiri saja ia harus dibantu dengan tongkat, semangatnya luar biasa.

"Iya, Eyang selalu ikut aksi kalau ada hari-hari besar perempuan. Masih akan terus semangat, tidak kenal lelah," ucap Sri dengan suara lantang kepada detikcom, Rabu (8/3/2017).

Dia mengaku mengikuti aksi sejak di depan Istana hingga pindah ke Monas. Sri terlihat sangat antusias saat melihat peserta aksi menyuarakan hak perempuan.

Eyang Sri, Usia 76 Tapi Tetap Semangat Suarakan Hak PerempuanEyang Sri ikut demo Hari Perempuan Internasional (Hary Lukita Wardani/detikcom)


"Tadi udah di Istana, terus pindah ke sini (kawasan Monas). Saya nggak ada yang ajak, memang mau sendiri. Dari tadi jam 12.00 WIB saya sudah ikut," imbuhnya.

Ketika ditanya mau sampai kapan memperjuangkan hak perempuan, dengan cepat dan tegas ia menjawab, "Akan saya perjuangkan (hak perempuan) hingga akhir hayat saya."

Banyak aspirasi yang disuarakan dalam aksi di sekitar Monas ini, mulai penolakan terhadap diskriminasi dan sistem patriarki hingga permasalahan ketenagakerjaan yang menyangkut hak-hak perempuan. (lkw/dnu)