DetikNews
Selasa 21 Februari 2017, 17:09 WIB

DPR Akan Rapat dengan KPU-Bawaslu Soal Uji Kelayakan Calon Anggota

Andhika Prasetia - detikNews
DPR Akan Rapat dengan KPU-Bawaslu Soal Uji Kelayakan Calon Anggota Foto: Screen shoot video 20detik
Jakarta - Komisi II DPR menegaskan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu digelar atau tidak akan ditetapkan pada masa sidang berikutnya. Sebelum itu, Komisi II akan memanggil KPU dan Bawaslu terlebih dahulu.

"Kita belum memutuskan hasil pansel, kami akan memanggil panitia seleksi KPU dan Bawaslu kami akan diskusikan proses seleksi fit and proper test. Setelah itu kami akan diskusikan di internal komisi II untuk memutuskan apakah KPU, Bawaslu, produk pansel sekarang bisa kita lanjuti dengan fit and proper test atau mungkin dianggap perlu ada fit and proper test tambahan," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/2/2017).

Kemudian, Komisi II DPR akan rapat internal untuk memutuskan langkah berikutnya. Riza mengatakan bisa saja fit and proper test calon anggota KPU dan Bawaslu ditolak DPR atau menggelar fit and proper test ulang.

"Kita akan rapat kembali lalu diputuskan apakah ditindaklanjuti fit and proper test hasil pansel atau solusi lainnya. Solusi lain bisa kita tolak, atau fit and proper test ulang," terang Riza.

Mengingat masa jabatan anggota KPU dan Bawaslu hingga April 2017, Riza mengatakan masih memiliki waktu cukup sebelum memberi keputusan. Bahkan, tidak dimungkinkan masa bhakti anggota KPU dan Bawaslu diperpanjang sampai dilantiknya anggota yang baru.

"Kalau lihat jadwal, jabatan KPU Bawaslu sampai April, masih ada waktu yang cukup. Tidak dimungkinkan masa jabatan sekarang diperpanjang sampai ada anggota KPU dan Bawaslu yang baru," tutur Riza.

Nama-nama calon anggota KPU dan Bawaslu telah diserahkan ke Presiden Jokowi pada 1 Februari lalu. Proses selanjutnya, DPR akan menyeleksi nama-nama itu untuk menjabat sebagai anggota KPU dan Bawaslu periode 2017-2022.

Berikut nama calon anggota Bawaslu RI:

1. Ratna Wewi Petalolo
2. Mohamad Najib
3. Abhan
4. Sri Wahyu Araningsih
5. Fritz Edward Siregar
6. Syafrida Rachmawati Rasahan
7. Mochammad Afifudin
8. Herwin Jefier Hielsa Malonda
9. Abdullah
10. Rahmad Bagja

Berikut nama calon anggota KPU RI:

1. Amus Atkana
2. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
3. Ilham Saputra
4. Evi Novida Ginting Manik
5. Ferry Kurnia Rizkiyansyah
6. Ida Budhiati
7. Wahyu Setiawan
8. Sri Budi Eko Wardani
9. Pramono Ubaid Tanthowi
10. Yesst Y Momongan
11. Hasyim Asy'ari
12. Arief Budiman
13. Viryan
14. Sigit Pamungkas
(dkp/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed