Panglima TNI akan Lapor ke Presiden Pengadaan Alutsista

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 26 Jan 2017 21:22 WIB
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan melaporkan rencana pengadaan alutsista kepada Presiden Joko Widodo. TNI masih merancang perencanaan pengadaan.

"Kita tunggu saja, karena saya belum menyampaikan kepada publik apa yang akan kita beli karena saya ditugaskan oleh Presiden untuk memaparkan semuanya pada Februari nanti. Tidak etis kalau saya belum lapor Presiden tapi media sudah tahu," ujar Gatot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2017).

Menurut Gatot, TNI AD, AU, dan TNI AL masih merancang pengadaan alutsista baru. Perencanaan tersebut nantinya akan dibahas oleh Gatot dan akan disampaikan kepada pemerintah.

"Sekarang TNI AU sedang merancang, TNI AL sedang merancang, TNI AD sedang merancang. Nanti mereka memaparkan kepada saya, lalu dirumuskan bersama untuk disampaikan kepada pemerintah," ujar Gatot.

Sementara itu, terkait dengan pembelian helikopter AW-101, Gatot mengatakan masih akan menginvestigasi awal mula rencana.

"Dengan kejadian kemarin, saya sedang proses untuk investigasi mengapa itu terjadi. Karena dalam perdagangan internasional itu bisa dibatalkan sekalipun sudah membayar uang muka," tegas Gatot. (dkp/fdn)