DetikNews
Kamis 26 Januari 2017, 18:33 WIB

Sosok di Balik Akun Twitter 'Gaul' TNI AU yang Masih Misterius

Elza Astari Retaduari - detikNews
Sosok di Balik Akun Twitter Gaul TNI AU yang Masih Misterius Foto: Sreenshot Twitter TNI AU
Jakarta - Admin akun Twitter TNI AU yang dikenal sebagai Airmin masih misterius. Meski menjadi corong institusi, sosok Airmin yang banyol di timeline @_TNIAU kerap menghibur netizen dengan berbagai cuitannya.

Cara TNI AU merespons kicauan di dunia maya terbilang unik dan menarik. Yakni dengan bahasa santun, informatif, gaul dengan selera humor tinggi melalui sosok Airmin di akun @_TNIAU tersebut.

Berbagai cara dicoba netizen agar Airmin mau membuka kedoknya. Sosok yang diketahui merupakan seorang perwira aktif TNI AU itu selalu ngeles dari permintaan para follower-nya. Airmin memanggil para follower-nya dengan sebutan Airmen.

Sosok di Balik Akun Twitter 'Gaul' TNI AU yang Masih MisteriusFoto: Sreenshot Twitter TNI AU
"Airmin anggap ini modus supaya airmin memfoto pangkat airmin utk mengetahui jatidiri, maaf jebakannya tdk berhasilšŸ’‚ @Golovkinnnnn @dulatips" cuit Airmin membalas pertanyaan netizen soal gaya komunikasi TNI AU yang memang terkesan sangat santai.

Cuitan gaul di akun Twitter TNI AU kerap menjadi viral. Seperti di antaranya saat Airmin membalas tudingan Ratna Sarumpaet yang bersumber dari media. Jawaban Airmin yang santai tapi berani dan penuh sindirian menjadi viral pada Maret 2016.

Airmin juga kerap membahas isu yang tengah ramai, termasuk apa yang tengah viral di media sosial. Contohnya kasus Pahlawan Kafir dari cuitan Dwi Estiningsih. Perdebatan Dwi dan Airmin menjadi ramai dibicarakan.

Gaya admin TNI AU boleh saja kocak dan gaul, namun bukan berarti Airmin tidak bisa tegas. Terbaru, Airmin menggertak netizen nyinyir yang menghina tentara saat menanggapi cuitan soal bendera Palestina.

Baca Juga: Admin TNI AU Kembali 'Gertak' Netizen Nyinyir di Twitter

"Airmin beri waktu sampai pukul 00:00wib, jika @tanbatoeah tdk minta maaf scr terbuka dg mention airmin, maaf TNI AU akan bertindak tegasšŸ’‚" cuit Airmin memberi peringatan, Rabu (25/1).

Jawaban Airmin terhadap netizen-netizen nyinyir terkadang langsung straight to the point. Namun seringnya Airmin menjawab dengan kiasan dan humor tanpa menghilangkan dari makna jawabannya itu sendiri.

Lantas siapa sosok di balik akun Twitter TNI AU ini?



"Biarlah siapa Airmin menjadi teka-teki dan penasaran Airmen," ungkap Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya menjawab pertanyaan detikcom, Kamis (26/1/2017).

"Tidak boleh dibuka jati diri Airmin siapa sebenarnya," lanjutnya.

Jawaban TNI AU yang tidak ingin mengungkap jati diri Airmin masih belum berubah. Marsma Dwi Badarmanto saat masih menjadi Kadispen TNI AU juga pernah memberi pernyataan serupa. Ia juga tidak berkenan memberi tahu sosok Airmin di balik akun @_TNIAU.

"Dia (admin) anaknya gaul, ngikuti perkembangan (zaman) dan punya jiwa humoris," kata Dwi Badarmanto saat berbincang dengan detikcom soal sosok Airmin, Jumat (18/3/2016).

Yang pasti, kata Dwi, admin @_TNIAU adalah prajurit aktif TNI AU. Dwi menjelaskan, Airmin selalu mendapat briefing dari pimpinan setiap merespons kicauan netizen agar selalu menggunakan bahasa yang santun.

Sosok di Balik Akun Twitter 'Gaul' TNI AU yang Masih MisteriusFoto: Sreenshot Twitter TNI AU
Hal tersebut pun disampaikan oleh Airmin kepada netizen. "Kalau ssi eyd karakter di twitter tdk cukup mas, airmin ttp disupervisi pimpinan kok, yg penting tujuan informasi tercapai #dmmp šŸ’‚" cuit Airmin hari ini.

Sosok Airmin boleh saja menjadi kontroversi, namun tetap banyak digemari netizen. Terbukti akun Twitter TNI AU saat ini sudah memiliki 117 ribu followers.

Tak jarang Airmin berkenan menjawab pertanyaan lucu netizen. Namun kebanyakan Airmin memberi informasi dan menjawab pertanyaan seputar TNI, khususnya TNI AU.
(elz/hri)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed