DetikNews
2017/01/09 07:01:29 WIB

Momen Jokowi Bersarung: Turun dari Pesawat Hingga Tahun Baruan

Andhika Prasetia - detikNews
Halaman 1 dari 13
Momen Jokowi Bersarung: Turun dari Pesawat Hingga Tahun Baruan Foto: Presiden Jokowi di Pekalongan (Jujum/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo baru saja menghadiri peringatan Maulid Nabi di Pekalongan, Jawa Tengah. Saat menghadiri acara tersebut, Jokowi tampak mengenakan sarung.

Saat itu, Jokowi menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H pimpinan Habib M Luthfi bin Yahya di Gedung Kanzus Sholawat, Pekalongan. Dalam salah satu pidatonya, Jokowi memberikan contoh dalam pidatonya kepada jemaah Majelis Selawat terkait dengan persatuan dan kesatuan NKRI.

"Seperti dicontohkan Nabi dalam hal politik kekuatan politik, Rasul pernah membentuk kontrak politik dengan semua unsur dengan semua komponen masyarakat melalui piagam Madinah untuk mempersatukan untuk kesatuan dengan piagam ini jelas sekali bahwa ajaran Islam umat Islam menghargai kemajemukan suku, kemajemukan golongan, beraneka macamnya agama," Ucap Presiden Jokowi di gedung Kanzuz Sholawat, Minggu (8/1/2017)

Namun, bukan hanya kali ini Jokowi tertangkap kamera mengenakan sarung. Orang nomor satu di Indonesia ini kerap tertangkap kamera mengenakan sarung, baik dalam acara resmi maupun saat bersantai.

Di Indonesia sendiri, sarung kerap digunakan untuk bersantai hingga menjalankan ibadah salat dalam agama Islam. Pada zaman penjajahan Belanda, sarung identik dengan perjuangan melawan budaya Barat yang dibawa para penjajah.

Hingga saat ini, tradisi bersarung tersebut masih dipertahankan warga negara Indonesia, tak terkecuali Jokowi. Berikut ini momen-momen Jokowi bersarung yang tertangkap kamera:
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed