Balita 3,5 Tahun di Cakung Hilang, Diduga Diculik Orang Tak Dikenal

Nathania Riris Michico, Mei Amelia R - detikNews
Rabu, 14 Des 2016 17:19 WIB
Foto: dok. Facebook
Jakarta - Seorang balita bernama Rara Ananda Caesara hilang sejak Minggu (11/12) lalu. Balita berusia 3,5 tahun itu diduga diculik orang tak dikenal saat berboncengan motor dengan kakaknya, Refti Mediana (18), di kawasan Kota Bekasi.

"Jadi anak saya diajak main ke Metmall (Metropolitan Mal Bekasi), dia sepulang dari Metmal, dia enggak lewat jalur utama, jadi lewat ke Perumnas I kan gelap karena udah malem dan udah berasa diikuti orang," jelas Hendry Dinata, ayah korban, saat dihubungi detikcom, Rabu (14/12/2016).

Sesampainya di tempat sepi, motor Yamaha Mio yang ditumpangi Refti bersama temannya, Andri Yulianto dan korban, tiba-tiba ditendang oleh pemotor misterius tersebut.

"Pas sepi, motor ditendang lalu jatuh dan ditendang. Anak saya benar-benar takut karena enggak bisa menjaga adiknya," imbuhnya.

Setelah kejadian itu, Hendri tidak langsung melapor ke polisi. Namun ia menyebar informasi hilangnya anak itu melalui akun Facebook-nya Hendry Dinata.

Seperti dilihat detikcom Rabu, (14/12/2016), sang ayah menuliskan secara singkat kronologis penculikan balita tersebut.

"Kronologis. Terakhir hari Minggu 11 Desember 2016, menjelang Magrib di sekitar Jembatan Kayuringin, Terminal DAMRI. Menggunakan kaos Biru. Berboncengan motor dengan kakaknya, kemudian ditendang motornya sampai terjatuh (sudah diikuti dari arah Metropolitan Mal) diambil paksa de Rara, sempat dikejar tetapi tidak ketangkap (sepi pada saat itu). Kurang lebih seperti itu," tulis Hendry Dinata sekitar pukul 03.00 WIB.

Di akun Facebook-nya itu, Hendry juga meminta tolong siapapun yang melihat atau mengetahui keberadaan anaknya untuk bisa segera menghubunginya.

"Kalau ada yg melihat anak saya yang bernama: Rara Ananda Caesarea, umur 3 setengah tahun tolong hubungi saya di 087882519388-081289065209, d/a Jl Rawa Kuning gang kabel kontrakan Haji Marsa no. E10 RT.004 / RW.16 Kel. Pulo Gebang Kec. Cakung, Jakarta Timur," tulis Hendry.

Dalam unggahan statusnya itu dia juga meyertakan foto Rara. Gadis cilik itu memiliki kulit putih dan berambut ikal sebahu.

Postingan Hendry soal hilangnya Rara ini menjadi viral. Tim dari Polda Metro Jaya juga telah mendatanginya untuk mengecek informasi tersebut.

"Dari Polda sudah minta data dan kronologis tapi tetap harus ke Polsek untuk lapor, cuma anak saya si Refti masih shock jadi belum lapor," imbuhnya.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya telah melakukan upaya jemput bola untuk meminta keterangan dari orangtua korban.

"Ini kan viral, anggota jemput bola mendatangi rumah yang bersangkutan untuk menggali informasi tersebut," ujar Argo saat ditemui di ruangannya.

Argo mengatakan, pihaknya akan menyelidiki peristiwa tersebut. Namun Argo mengimbau kepada Hendry selaku orangtua korban untuk membuat laporan polisi terlebih dahulu.

"Tetap kita tindak lanjuti, tapi yang orangtua korban harus melapor, karena dasar polisi melakukan penyelidikan itu kan harus ada dasarnya, laporan orangtua korban," tandas Argo. (mei/nth)