DetikNews
Senin 28 November 2016, 09:59 WIB

Bedah UU ITE

Revisi UU ITE Mulai Berlaku Hari Ini

Indah Mutiara Kami - detikNews
Revisi UU ITE Mulai Berlaku Hari Ini Foto: detikINET/Irna Prihandini
FOKUS BERITA: Bijaklah Gunakan Medsos
Jakarta - Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), yang revisinya disahkan bulan lalu oleh DPR dan pemerintah, resmi berlaku mulai hari ini. Setidaknya ada 7 poin perubahan dari UU ini.

"Menurut teman-teman bagian hukum di kami, itu berlaku per hari ini karena sudah melewati 30 hari setelah disepakati pemerintah dan DPR," kata Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Noor Iza saat dihubungi, Senin (28/11/2016).

DPR dan pemerintah mengesahkan revisi UU ITE pada 27 Oktober 2016 lalu lewat rapat paripurna. Noor menuturkan bahwa sebenarnya revisi UU ITE masih menunggu penomoran.

"Penomorannya masih menunggu," ujarnya.

Beberapa perubahan penting adalah, tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik dalam ITE merupakan delik aduan, bukan lagi masuk dalam delik umum. Ancaman hukuman dalam pasal 27 tentang pencemaran nama baik berubah dari paling lama 6 tahun penjara menjadi 4 tahun penjara dan denda dari Rp 1 miliar menjadi Rp 750 juta.

"Ini bukan membatasi. Ini justru prinsipnya memberi kepastian hukum kepada masyarakat. Yang kedua adalah memberi rasa keadilan bagi lapisan masyarakat," ucap Noor Iza.




(imk/fjp)
FOKUS BERITA: Bijaklah Gunakan Medsos
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed