Kemenkum Bantah Pernyataan Pengacara Jessica Soal Support Menkum Yasonna

Fajar Pratama - detikNews
Rabu, 02 Nov 2016 16:46 WIB
Jessica di dekat tim pengacaranya/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kemenkum HAM memastikan Menkum Yasonna Laoly tidak ikut campur dalam proses peradilan kasus Jessica Kumala Wongso. Kementerian ini membantah pernyataan pengacara Jessica, Hidayat Bostam.

"Menteri Hukum dan HAM tidak pernah berkunjung ke Rutan Pondok Bambu dalam rangka Ulang Tahun kementerian Hukum dan HAM apalagi sampai memanggil Jessica ke ruangan Kepala Rutan Pondok Bambu," ujar Kepala Biro Humas Kemenkum Effendi Peranginangin dalam keterangannya, Rabu (2/11/2016).

Effendi mengklarifikasi pernyataan dari Bostam yang mengatakan sebelum sidang vonis tepat di hari ulang tahun Jessica, Menkum HAM Yasonna Laoly sempat memberikan dukungan dan bertemu Jessica. Menurut Bostam kebetulan saat itu Yasonna tengah datang ke rutan Pondok Bambu terkait HUT Kemenkum HAM.

Baca Juga: Cerita Jessica yang Disemangati Angie di Rutan

"Bahwa Upacara peringatan Ulang Tahun Kementerian Hukum dan HAM dipusatkan di lapangan upacara Kementerian Hukum dan HAM pada hari Minggu tanggal 30 Oktober 2016 dan bukan di Rutan Pondok Bambu," ujar Effendi,

"Dan Ulang Tahun Kementerian Hukum dan HAM jatuh pada tanggal 30 Oktober 2016 jadi tidak bersamaan dengan ulang tahun Jessica yang jatuh pada tanggal 9 Oktober 2016," sambung Effendi.

Effendi mengatakan, Menteri Yasonna sangat menghormati proses Hukum yang sedang dijalankan Jessica dan tidak pernah melakukan intervensi dalam kasus ini.

"Terkait dengan statement saudara Hidayat Bostam, Menteri Hukum dan HAM,
menyesalkan dan berharap saudara Bostam dapat memberikan klarifikasi," ujar Effendi. (fjp/fjp)