KA Ambarawa Ekspres Semarang-Surabaya Resmi Gantikan KA Blora Jaya dan KA Cepu

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 04 Okt 2016 16:28 WIB
Foto: KA Ambarawa Ekspress/ Angling detikcom
Semarang - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IV Semarang mengoperasikan rangkaian kereta baru bernama KA Ambarawa Ekspres. Kereta tersebut akan menggantikan dua KA yang sebelumnya melayani rute yang sama yaitu Blora Jaya dan Cepu Ekspres.

KA Ambarawa Ekspres mulai dioperasikan pagi tadi dan melakukan perjalanan pertamanya pukul 07.00 WIB mulai dari stasiun Semarang Poncol. Kereta tersebut tiba di stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 11.55 WIB.

Executive Vice President PT KAI Daop IV, Andika Tri Putranto mengatakan KA Ambarawa Ekspres memiliki stamformasi 8 kereta (gerbong) kelas ekonomi AC. Harga tiket berkisar Rp 80 ribu dari Semarang ke Surabaya.

"Diharapkan jadi moda alternatif bagi warga Semarang untuk pergi ke Surabaya yang lebih aman, nyaman serta bebas macet," kata Andika, Rabu (4/10/2016).

Dengan dioperasikannya KA Ambarawa Ekspres, maka ada dua KA yang dinonaktifkan yaitu KA Blora Jaya dan KA Cepu Ekspres. Andika mengatakan kereta baru itu untuk memperbaiki pelayanan kepada para penumpang agar lebih nyaman dari pada dua kereta sebelumnya.

"Ini jadi pelayanan lebih, di samping kapasitas yang lebih besar," tegasnya.

Salah satu bentuk kenyamanan yaitu disediakan dua gerbong khusus untuk penumpang difable dengan kapasitas satu gerbong yatu 64 kursi. Total kapasitas kursi dari delapan gerbong KA Ambarawa Ekspres yaitu 608 kursi.

"Nama Ambarawa Ekspres diangkat dari kisah semangat juang para pahlawan dalam memukul pasukan sekutu saat berusaha menguasai Ambarawa dan sekitarnya," pungkasnya.

KA Ambarawa Ekspress dari Stasiun Semarang Poncol melewati Stasiun Ngrombo, Jambon, Kradenan (Grobogan) Doplang, Randublatung, Cepu (Blora), Bojonegoro, Babat, Lamongan dan Pasar Turi. Kereta akan kembali brangkat dari Surabaya pukul 13.00 untuk dan sampai Semarang pukul 17.53 WIB. Dalam perjalanan pertamanya dari Semarang, 203 dari 608 kursi terisi. (alg/rvk)