detikNews
Jumat 16 September 2016, 14:19 WIB

Panasnya Pilgub DKI

Elektabilitas Ahok Turun, Fadli Zon: Itu Berita Bagus Buat Saya

Niken Purnamasari - detikNews
Elektabilitas Ahok Turun, Fadli Zon: Itu Berita Bagus Buat Saya Fadli Zon (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Elektabilitas calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kian turun menjelang pendaftaran Pilgub DKI 2017. Hal itu menjadi kabar baik bagi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon.

Fadli Zon menyebut turunnya elektabilitas Ahok disebabkan oleh sikap dan perilaku Ahok selama memimpin ibukota. Ia juga menilai Ahok sebagai sosok yang tidak berani saat menghadapi warganya.

"Ya itu berita bagus kalau buat saya (elektabilitas Ahok turun)," ujar Fadli Zon di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (16/9/2016).

Baca Juga: Elektabilitasnya Turun, Ahok: Yang Lain Punya Kesempatan Jadi Gubernur

Wakil ketua DPR itu mengambil contoh saat Ahok melakukan peresmian pasar Kebon Bawang, Tanjung Priuk, Jakarta Utara beberapa waktu lalu. Saat itu, Ahok dikawal dengan puluhan polisi dan Brimob dengan mengendarai motor.

"Kalau kita lihat demikian adanya. Bagaimana seorang gubernur mau datang, ketemu rakyatnya aja dikawal udah kayak mau perang. Dikawal tentara dan polisi melebihi pengawalan presiden. Itu kan gubernur yang ketakutan menghadapi rakyatnya. Kalau orang takut kan pasti salah. Berani karena benar. Coba jalan sendirian, berani enggak dia," kata Fadli.

Baca Juga: Pulang dari Pasar Kebon Bawang, Ahok Dikawal Puluhan Brimob Bersepeda Motor

Berdasarkan hasil Lembaga Survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia), elektabilitas Ahok saat ini tercatat 41,6%. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini naik menjadi 30% dan calon penantang Ahok lainnya yakni Rizal Ramli naik 8% diatas Sandiaga Uno yang tercatat 7%.

Sedangkan hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) mencatat, elektabilitas Ahok menurun sekitar 1% dibanding pada Mei 2016 yang mencatat angka 36,2%.

Penurunan dilatarbelakangi oleh beberapa alasan yang diungkapkan responden terkait banyaknya persoalan di DKI yang belum diselesaikan dengan baik seperti masalah banjir dan kemacetan.
(nkn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com